GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH PENGGERAK SMP NEGERI 9 BATAM

BALQIS ANISAH DALILAH TANJUNG, FITRI - YANTI, NOVITA MANDASARI HUTAGAOL

Abstract


Gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan implementasi kebijakan Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah serta hambatan dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak SMP Negeri 9 Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu, reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta kesimpulan dan verifikasi (conclision drawing/verification). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah di Sekolah Penggerak SMP Negeri 9 Batam merupakan kolaborasi antara gaya kepemimpinan demokratis yang terlihat dari keterlibatan dalam keputusan, melibatkan partisipasi aktif dari seluruh warga sekolah dan visioner tercermin dalam kemampuan untuk melihat jauh kedepan pendidikan sesuai visi yang jelas. Hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka, termasuk transisi dari Kurikulum 2013, penerapan pembelajaran berbasis diferensiasi, pengorganisasian Kurikulum, guru yang menggunakan pembelajaran melalui platform digital seperti platform Merdeka Mengajar (PMM), beberapa guru yang kurang mahir menggunakan teknologi, administrasi sekolah mengikuti perkembangan teknologi dan sistem manajemen yang baru.

Keywords


Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Sekolah Penggerak, SMP Negeri 9 Batam.

Full Text:

PDF

References


Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918.

Imtinan, N. F. (2021). Gaya Kepemimpinan Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 189–197. Https://Doi.Org/10.15642/Jkpi.2021.11.2.189-197.

Kirmadi, S.IP. "Apa Itu Kepemimpinan." Panjatan Kulon Progo. Diakses 31 Oktober 2024. https://panjatan.kulonprogokab.go.id/detil/223/apa-itu-kepemimpinan-oleh-kirmadi-sip#:~:text=Secara%20etimologi%20kepemimpinan%20dapat%20diartikan,pimpinan%20artinya%20orang%20yang%20mengepalai.

Megayanti, W., & Asri, K. H. (2022). Transformasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penerapan Merdeka Belajar. Research and Development Journal of Education, 8(2), 771-776. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14072.

Meldafani, M., Heriyanto, M., & Adianto, A. (2023). Karakteristik Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Program Sekolah Penggerak di SMA Negeri 1 Kota Dumai. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(6), 2673-2684.

Moleong, L.J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:.Remaja Rosdakarya.

Muslim, M. (2021). Visi Kepemimpinan Digital Kepala Sekolah Dasar Di Era Teknologi Digital. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1.

Https://Doi.Org/10.33474/Elementeris.V3i1.8796.

Muslim, A., & Mulloh, T. (2022). Analisis kebijakan program guru penggerak sebagai upaya regenerasi supervisor pendidikan yang berkualitas di indonesia. Journal Publicuho, 5(3), 790-801. https://journalpublicuho.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/28.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2727.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319. https://www.neliti.com/publications/452109/implementasi-kurikulum-merdeka-belajar-di-sekolah-penggerak.

Saragih Ordekoria, Marpaung Ristati Tantangan dan Peluang: Studi Kasus Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Mandiri Berubah Kabupaten Tapanuli Utara Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) p-ISSN: 2797-2879, e-ISSN: 2797-2860 Volume 4, nomor 3, 2024, hal. 888-903.

Sugiyono. (2019). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Erlangga.

Yanti, R. W.-A.-F.-G.-R.-N. (2024). Strategi Kepemimpinan, Manajemen Dan Inovasi Pendidikan. In Strategi Kepemimpinan, Manajemen Dan Inovasi Pendidikan (pp. 2-4). Batam: Tangguh Denara Jaya. ISBN :

-623-8706-33-4.

Yunus, A. L. (2009). Leadership model: Konsep dasar, dimensi kinerja, dan gaya kepemimpinan. Malang: UIN-Maliki Press.




DOI: https://doi.org/10.33373/hjpsps.v10i1.7716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.