GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH PENGGERAK SMP NEGERI 9 BATAM
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918.
Imtinan, N. F. (2021). Gaya Kepemimpinan Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 189–197. Https://Doi.Org/10.15642/Jkpi.2021.11.2.189-197.
Kirmadi, S.IP. "Apa Itu Kepemimpinan." Panjatan Kulon Progo. Diakses 31 Oktober 2024. https://panjatan.kulonprogokab.go.id/detil/223/apa-itu-kepemimpinan-oleh-kirmadi-sip#:~:text=Secara%20etimologi%20kepemimpinan%20dapat%20diartikan,pimpinan%20artinya%20orang%20yang%20mengepalai.
Megayanti, W., & Asri, K. H. (2022). Transformasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penerapan Merdeka Belajar. Research and Development Journal of Education, 8(2), 771-776. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14072.
Meldafani, M., Heriyanto, M., & Adianto, A. (2023). Karakteristik Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Program Sekolah Penggerak di SMA Negeri 1 Kota Dumai. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(6), 2673-2684.
Moleong, L.J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:.Remaja Rosdakarya.
Muslim, M. (2021). Visi Kepemimpinan Digital Kepala Sekolah Dasar Di Era Teknologi Digital. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1.
Https://Doi.Org/10.33474/Elementeris.V3i1.8796.
Muslim, A., & Mulloh, T. (2022). Analisis kebijakan program guru penggerak sebagai upaya regenerasi supervisor pendidikan yang berkualitas di indonesia. Journal Publicuho, 5(3), 790-801. https://journalpublicuho.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/28.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2727.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319. https://www.neliti.com/publications/452109/implementasi-kurikulum-merdeka-belajar-di-sekolah-penggerak.
Saragih Ordekoria, Marpaung Ristati Tantangan dan Peluang: Studi Kasus Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Mandiri Berubah Kabupaten Tapanuli Utara Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) p-ISSN: 2797-2879, e-ISSN: 2797-2860 Volume 4, nomor 3, 2024, hal. 888-903.
Sugiyono. (2019). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Erlangga.
Yanti, R. W.-A.-F.-G.-R.-N. (2024). Strategi Kepemimpinan, Manajemen Dan Inovasi Pendidikan. In Strategi Kepemimpinan, Manajemen Dan Inovasi Pendidikan (pp. 2-4). Batam: Tangguh Denara Jaya. ISBN :
-623-8706-33-4.
Yunus, A. L. (2009). Leadership model: Konsep dasar, dimensi kinerja, dan gaya kepemimpinan. Malang: UIN-Maliki Press.
DOI: https://doi.org/10.33373/hjpsps.v10i1.7716
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
P-ISSN 2301-8305 E-ISSN 2599-0063
Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.
Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam, Indonesia.
Email; historiaunrika@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.