SELF LOVE: EDUKASI LITERASI KESEHATAN MENTAL BERBASIS HOTS SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL PADA ANAK PANTI ASUHAN YAA BUNAYYA

Ezza Siti Anisa, Sohibatul Aslamiah, Wa Ode Shafiyah Chaesari Az Zahra, Radhika Maristiara Suhailah, Shayla Hurul Aini, Junierissa Marpaung

Abstract


Remaja di panti asuhan sering mengalami kesulitan dalam mengelola emosi dan kepercayaan diri akibat kurangnya dukungan sosial. Kondisi ini dapat memengaruhi kesehatan mental dan hubungan sosial mereka. Program Self-Love berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dirancang sebagai langkah konkret untuk mendukung Asta Cita dan visi Indonesia Emas 2045 dalam membentuk generasi yang sehat mental, berkarakter kuat, dan berdaya saing global. Program ini bertujuan meningkatkan literasi kesehatan mental pada anak dan remaja panti, melatih keterampilan mereka dalam mengelola emosi dan tekanan psikologis, serta mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Metode yang digunakan adalah pendekatan HOTS berbasis literasi yang melibatkan 50 anak dan remaja dari Panti Asuhan Yaa Bunayya di Pulau Setokok. Hasil kegiatan menunjukkan tingkat keberhasilan 93,75%, dengan seluruh tahapan terlaksana dengan baik dan mendapat dukungan penuh dari pengelola panti, sehingga program dapat berlanjut secara mandiri dan berkelanjutan.

Keywords


Self Love, Literasi Kesehatan Mental, HOTS, Remaja Panti Asuhan.

Full Text:

PDF

References


Ahmed, T., Ahmed, E., Ali, H., & Seleem, I. (2023). Promoting students’ health awareness and higher order thinking skills using E‑projects strategy in learning physical and health education. 1–7. https://doi.org/10.4103/jehp.jehp

Arqom, A., Nurdiansyah, F., & Indiastuti, D. N. (2023). Mental Health and Decision-Making Participation of Adolescent Orphans : A Pilot Study. 11(3), 176–183.

Audry, J., & Simanjuntak, A. (n.d.). PENGARUH TRAUMA ANAK TERHADAP KESEHATAN MENTAL DI MASA DEWASA. 1–15.

Busdayu, Z. A., Rahmawati, N., & Setiadi, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Journal of Classroom Action, 5(4), 449–453.

Cavioni, V., Ornaghi, V., Agliati, A., & Pepe, A. (2021). Adolescents ’ Mental Health at School : The Mediating Role of Life Satisfaction. 12(August). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.720628

Chao, H., Lien, Y., Kao, Y., Tasi, I., & Lin, H. (2020). Mental Health Literacy in Healthcare Students : An Expansion of the Mental Health Literacy Scale. 1–15.

Chrifou, R., Anselma, M., Christens, B. D., Israel, B. A., Jurkowski, J. M., Perkins, D. D., … Altenburg, T. M. (2024). Actualizing child and adolescent empowerment in participatory action research for health promotion: a six-element framework. International Journal of Adolescence and Youth, 29(1). https://doi.org/10.1080/02673843.2024.2354907

Dinda Shobiyyah, J. M. (2024). THE EFFECTIVENESS OF PROBLEM-SOLVING-BASED INFORMATION SERVICES IN IMPROVING THE HIGH ORDER THINKING SKILLS OF ADOLESCENTS AT TANJUNG GUNDAP. 83–94.

Dodd, S., Widnall, E., Russell, A. E., Curtin, E. L., Simmonds, R., Limmer, M., & Kidger, J. (2022). School-based peer education interventions to improve health: a global systematic review of effectiveness. BMC Public Health, 22(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s12889-022-14688-3

Febryani, D., Ratnasari, S. L., Ariyati, Y., Riyandi, R., Tarigan, P. P., Yudianto, P., ... & Salman, N. F. B. (2025). Pengaruh Efektivitas Kerja, Loyalitas, Semangat Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Dosen. Jurnal Dimensi, 14(1), 88-98.

Gloriabarus. (2022). Hasil Survei I-NAMHS: Satu dari Tiga Remaja Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental. Retrieved from https://ugm.ac.id/id/berita/23086-hasil-survei-i-namhs-satu-dari-tiga-remaja-indonesia-memiliki-masalah-kesehatan-mental/

Greiff, S. (2015). A longitudinal study of higher-order thinking skills : working memory and fluid reasoning in childhood enhance complex problem solving in adolescence. 6(July), 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01060

Handayani, F., & Muhammad Syukur. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILL ( HOTS ) DI MA NEGERI 1 WATANSOPPENG Abstrak. 1(2), 127–135.

Inayah, M. N., Yusuf, A., & Umam, dan K. (2021). Krisis Identitas dalam Perkembangan Psikososial Pelaku Klitih di Yogyakarta. 245–256.

Indonesia, L. (2016). Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skills ( HOTS ). 1–7.

Istiqomah, I. D. (2024). PENGARUH LITERASI KESEHATAN MENTAL DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU PENCARIAN BANTUAN PSIKOLOGIS PROFESIONAL PADA GEN Z DI KOTA SORONG.

Komang Wahyu Gintari, Desak Made Dwi Jayanti, I Gusti Ayu Putu Satya Laksmi, S. N., & Sintari, N. (2023). KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA. 2, 167–183. https://doi.org/10.55887/nrpm.v2i3.49

Kusumo, M. P. (2021). Health Behavior Education to Prevent Coronavirus Disease-19 in Orphanages : Roleplay Strategies. 9, 1480–1484.

Kyaruzi, E. (2022). Psychosocial wellbeing of orphaned children in selected primary schools in Tanzania. Heliyon, 8(11), e11347. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e11347

Mancone, S., Corrado, S., Tosti, B., Spica, G., & Diotaiuti, P. (2024). Integrating digital and interactive approaches in adolescent health literacy: a comprehensive review. Frontiers in Public Health, 12(October). https://doi.org/10.3389/fpubh.2024.1387874

Mumtaz, F. N., & Indonesia, U. K. (2025). Pentingnya literasi kesehatan mental. (August).

Praekanata, W. I., Komang, N., Yuliastini, S., Florina, S., Zagoto, L., & Gede, I. (2023). KAJIAN KESEHATAN MENTAL PADA ANAK-ANAK YATIM PIATU. 8(1), 257–263.

Purwaningrum, A. H., Ratnasari, S. L., Ariyati, Y., Barus, L. K., Manan, A., Yudianto, P., ... & Salman, N. F. B. (2025). Pengaruh Hubungan Kerja, Team Work, Keterampilan Digital Dan Fasilitas Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Samudra Jaya Mandiri. Jurnal Dimensi, 14(2), 639-651.

S. Suharno , S. Irmawan , H. Saputro , N. Agung Pambudi, J. J. (2022). Improving Students ’ Higher Order Thinking Skills in Learning Health Systems Using Mobile-Based Instructional Approach. 10(1), 57–62.

Sahgal, A. (2024). A participatory approach to promoting mental health literacy through digital means Michaela. European Journal of Public Health, 4(1), 9–15.

Sembiring, E. R. B. (2023). LAMPIRAN-LAMPIRAN. 57–86.

Sun, G., Wang, C., & Zhang, J. (2025). Effectiveness of Mental Health Literacy Interventions for Adolescents: A Systematic Review and Meta-analysis. SAGE Open, 15(1), 1–13. https://doi.org/10.1177/21582440251327445

Tarwiyani, T., Ratnasari, S. L., Sari, M., Yanti, F., Hutagaol, N. M., Argadinata, M. P., & Ruslan, R. (2025). The Concept of Education in Malay Society from a Philosophical Perspective. Jurnal Eduscience, 12(2), 342-355.

Tuaf, H., & Orkibi, H. (2023). Community-based programs for youth with mental health conditions: a scoping review and practical implications. Frontiers in Public Health, 11(November), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpubh.2023.1241469




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v14i3.8542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.