STANDARISASI PELABELAN MENGGUNAKAN METODE POKA YOKE UNTUK MENGHINDARI LARUTAN KADALUARSA

Bella Budiani, Fajar Permana, Hari Fadlisyah, Mochammad Fauzi

Abstract


GlaxoSmithKline (GSK) merupakan perusahaan farmasi multinasional yang berpusat di Brentford, London, Inggris. GSK memiliki departemen Quality Control (QC) yang bertanggung jawab untuk menjamin kualitas mulai dari bahan baku, bahan pengemas, dan produk jadi. Kegiatan Pengendalian Kualitas (Quality Control) yang kurang efektif yang terus menerus dapat mengakibatkan banyaknya produk yang rusak atau cacat, target produksi tidak dapat tercapai baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Dalam kegiatan operasionalnya QC memerlukan larutan pereaksi. Penggunaan larutan pereaksi yang tidak sesuai menyebabkan hasil pengujian diragukan, sehingga kesesuaian komponen terutama tanggal kadaluarsa perlu diperhatikan. Penggunaan larutan yang sudah melewati kadaluarsa atau masa simpan larutan sangatlah berakibat fatal bagi sebuah rangkaian proses analisa yang mengakibatkan result error atau tidak valid. Upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya penggunaan larutan pereaksi kadaluarsa dalam proses pengujian yang dilakukan departemen QC di GSK adalah menerapkan salah satu tools dari lean manufacturing yaitu Poka Yoke. Model pendekatan yang digunakan adalah control Poka Yoke. Kontrol dilakukan dengan menambahkan stiker dot berwarna pada label larutan pereaksi berdasarkan bulan kadaluarsanya.

Keywords


pelabelan, lean manufacturing, poka yoke.

Full Text:

PDF

References


Budiani, B. (2020). Tinjauan Tentang Limbah Sisa Analisa Sediaan Sirup di PT Glaxo Wellcome Indonesia. Bandung: Universitas Widyatama.

Putri, D. R., & Handayani, W. (2019). ZERO DEFECT PADA PRODUKSI KANTONG KRAFT MELALUI METODE POKA YOKE DI PT. INDUSTRI KEMASAN SEMEN GRESIK. Journal MEBIS, Journal Manajemen dan Bisnis Volume 4, Nomor 1. Juli 2019, pp. 44-58.

Ahyari, Agus. 2002. Manajemen Produksi Pengendalian Produksi. Yogyakarta,BPFE-Anggota IKAPI.

Kholik, Heri M. 2008. Aplikasi DMAIC Dalam Metode Six Sigma dan Eksperimen Shainin Bhote sebagai Penurunan Persentase Cacat. Jurnal Teknik. Industri, Vol. 9, No. 2, Agustus 2008: 117-127,

S.P., R. Phenter dan Safa, Faisal. 2004, Identifikasi dan Simulasi Faktor Penyebab Cacat Produk Botol Kontainer dengan Metode Six Sigma Pada PT Indovasi Plastik Lestari. Industrial and Systems Engineering Assessment Journal (INASEA), Volume 5: 98-115. ISSN:1411-9129. Binus University, Alam Sutera, Tangerang, Jawa Barat

Prawirosentono, S. 2007.Filosofi Baru Tentang Manajemen MutuTerpaduAbad 21 “Kiat Membangun Bisnis Kompetitif”.Jakarta : BumiAksara

Assauri, Sofjan. 1998.Manajemen Operasi Dan Produksi. Jakarta : LP FE UI

Douglas C. Montgomery . 2001.Introduction to Statistical Quality Control.4thEdition. New York : John Wiley & Sons, Inc.

Fauziah, A. (2015, May 25). Jenis jenis larutan pereaksi berdasarkan sifat larutan pereaksi yang di buat. Retrieved from slideshare: https://www.slideshare.net/atikahfauziah31/jenis-jenis-larutan-pereaksi-berdasarkan-sifat-larutan-pereaksi-yang-di-buat#:~:text=2.%20Larutan%20pereaksi%20adalah%20larutan,hidroksida%20(%20NaOH%201%20M%20).

Darlina. (1998). PEMBUATAN LARUTAN STANDAR DAN PEREAKSI PEMISAH KIT RIA T3. Jurnal Radioisotop dan Radiofarmaka, Vol. I, No.2, 1998.

Fontana, A. (2011). Lean Six Sigma For Manufacturing and Service Industries. Bogor: Vinchristo Publication.

Naibaho, H. H. 2014. Minimasi Waiting Time Dengan Pendekatan Lean Manufacturing Di Pabrik Kelapa Sawit Studi Kasus PKS Sei Pagar PTPN V.(Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Karyono, A. 2014. Pendekatan Lean Manufacturing Untuk Menurunkan Wastewaitingtime Dan Transportasi Studi Kasus CV Riau Pallet. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)

Majori, A. R. 2017. Upaya Meminimasi Waste Pada Lini Produksi Body Saxophone As23 Dengan Menggunakan Pendekatan Lean Production. Studi Kasus: PT. XYZ. (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang)

Gasperz, Vincent., 2007, Lean Six Sigma For Manufacturing and Service Industries. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utamas

Dave, Y. (2015). Implementation of Poka YokeTechnique in a gear industry. Study International Journal of Latest Research in Science and Technology ISSN (Online): 2278-5299. Volume 4, Issue 3, 32-33.

Aishwarya. (2015). poka-yoke: technique to prevent defects. International Journal Of Engineering Sciences & Research Technology, Volume: 04 Issue: 02 Feb 2015,

Shingo, S. (1986). Zero quality control: Source inspection and the. USA: CRC Press.

Kumar, R. (2016). Poka-Yoke Technique, Methodology, & Design. Indian Journal of Engineering, 13(33), 362-370.

Liker, J. K. & Meier, D. (2007). The Toyota Way Fieldbook Panduan Untuk Mengimplementasikan Model 4P Toyota. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v8i2.2792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri

Building A, 1st Floor, Faculty of Engineering, University of Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter