SISTEM LITERASI MANAJEMEN PROYEK KONTEN DIGITAL PADA DEPARTEMEN VIRTUAL LEARNING PT. LABTECH PENTA INTERNATIONAL

Hanafi Hanafi, Jonrinaldi Jonrinaldi

Abstract


PT. Labtech Penta International adalah perusahaan manufaktur yang bergerak memproduksi alat peraga pendidikan, salah satunya adalah game simulasi yang berbentuk konten digital. Untuk membentuk produk tersebut sering terjadinya kendala yaitu kurangnya literasi antara programmer dengan konsultan atau Subject Matter Expert (SME) serta kesalahan koordinasi dalam memberi atau menerima konsep dari konten digital yang dilakukan oleh pihak yang berkaitan. Untuk mengatasi kendala di atas maka perlu dilakukan analisa yang bertujuan untuk membuat sistem yang membantu melakukan literasi pada pihak terkait, metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif.
Hasil analisa dengan menggunakan metode di atas diimplementasikan ke dalam sebuah aplikasi web dengan menggunakan framework laravel dan Reactjs sistem literasi yang dapat membantu melakukan literasi pada manajemen proyek untuk membuat produk konten digital dalam bentuk game simulasi.

Keywords


Sistem literasi, konten digital, website manajemen proyek

Full Text:

PDF

References


Achmadiansyah, D., & Supangat, S. (2021). Dhanny A-KAITAN SITUS FREELANCER “SRIBULANCER” DENGAN DIGITAL CONTENT. Dhanny A-KAITAN SITUS FREELANCER “SRIBULANCER” DENGAN DIGITAL CONTENT.

Badri, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Produksi Sawit Pada PT. TEBO PLASMA INTI LESTARI (PT. TPIL) BERBASIS WEB (Doctoral dissertation, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi).

Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal Teknoinfo, 11(2), 30-37.

Fridayanthie, E. W., & Mahdiati, T. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan Atk Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). Jurnal khatulistiwa informatika, 4(2).

Gunawan, V. (2020). Implementasi Model View Controller (MVC) Dengan Framework Codeigniter pada e-Comerce (Studi Kasus: Gendhis Bags Yogyakarta) (Doctoral dissertation, University of Technology Yogyakarta).

Hidayat, N., Widyaningrum, N., & Sarjito, A. (2021). Literasi Digital dan Bela Negara: Sebuah Upaya Untuk Mencegah Hoax Dalam Sistem Pertahanan Negara. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 32-41.

Huzaimah, F., & Irfan, D. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Ujian Online Pra Kompre Berbasis Android. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 6(2), 53-60.

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran literasi digital pada peserta pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2), 231-240.

Josi, A. (2017). Penerapan Metode Prototyping Dalam Pembangunan Website Desa (Studi Kasus Desa Sugihan Kecamatan Rambang). Jurnal Teknologi Informasi Mura, 9(1).

Khumaidi, A. (2018). Perancangan Aplikasi Marketplace Order Baju Pintar Menggunakan Web Responsif Untuk Memudahkan Customer Mendesain Sesuai Selera. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer dan Informatika, 2(2), 61-69.

Kiswati, S., & Chasanah, U. (2019). Analisis konsultan manajemen konstruksi terhadap penerapan manajemen waktu pada pembangunan rumah sakit di Jawa Tengah. Neo Teknika, 5(1).

Manuhutu, M. A., & Rajagukguk, I. S. (2020). Perancangan Sistem Informasi Orangtua/Wali Mahasiswa Berbasis Web Pada Universitas Victory Sorong. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 4(2), 337-350.

Novendri, M. S., Saputra, A., & Firman, C. E. (2019). Aplikasi Inventaris Barang Pada Mts Nurul Islam Dumai Menggunakan Php Dan Mysql. Lentera Dumai, 10(2).

Nugroho, A. A., & Setiyawati, N. (2019). Perancangan Dan Implementasi Aplikasi IT Investment Log Berbasis Web. JBASE-Journal of Business and Audit Information Systems, 2(1).

Pratama, A. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Cross-Platform Instalasi Software pada Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(1), 1-10.

Purwati, S. (2020). Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca dan Menghafal Surah Pendek. SUARA GURU, 4(1), 173-187.

Raihanah, A. (2020). Literasi digital dan pemahaman konsep himpunan siswa SMP menggunakan media pembelajaran GUI Matlab (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Rodin, R., & Nurrizqi, A. D. (2020). Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Dalam Pemanfaatan E-Resources UIN Raden Fatah Palembang. Pustakaloka, 12(1), 72-89.

Septiana, Y. D. (2020). Konsep dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Sistem Pembelajaran. AL-KARIM, 5(1), 140-156.

Sumiati, E., & Wijonarko, W. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan, 65-80.

Sutanto, P., Setiawan, A., & Setiabudi, D. H. (2017). Perancangan Sistem Forecasting di Perusahaan Kayu UD. 3G dengan Metode ARIMA. Jurnal Infra, 5(1), 325-330.

Susatyo, R. B., Priyanto, H., & Nasution, H. (2017). Sistem Informasi Pengolahan Data Ionosfer dalam Mendukung Pelayanan Data pada BPD Lapan Pontianak. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 5(2), 109-113.

SYARA, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Learning Management System(LMS) Dengan Moodle pada Materi Evolusi di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

/2019 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Virgina, H. (2019). Analisa Perbandingan Waktu Penjadwalan Proyek Dengan Metode CPM (Critical Path Method) dan PERT (Project Evaluation and Review Technique)(Studi Kasus: Perumahan Marigold Ciputra Botanical Pangkal

Pinang) (Doctoral dissertation, http://unugha. ac. id).

Widodo, P. (2018). Perancangan Website E- Commerce Penjualan Alat Olahraga Pencak Silat. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 8(1).




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v9i1.3368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Riau Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter