ANALISA KELAYAKAN INVESTASI PENDIRIAN FASILITAS BANK SAMPAH PADA BANK SAMPAH UNIT X DI WILAYAH DKI JAKARTA

Bonitasari Nurul Alfa

Abstract


Bank sampah merupakan salah satu pengelolahan sampah yang telah dikumpulkan dan di pilah-pilah. Hasil dari pemilahan sampah bertujuan agar sampah dapat dengan mudah di daur ulang sesuai dengan jenisnya, terdapat tiga jenis sampah dalam pengelolahan bank sampah yaitu sampah organik, sampah anorganik dan sampah B3. Sampah yang telah terkumpul selanjutnya akan dijual kepada pengepul. Pengelolahan bank sampah dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh manusia, selain itu pengelolaan bank sampah dapat membantu pemasukan desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan teknis dan non-teknis dari investasi pendirian bank sampah unit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kelayakan investasi terkait aspek finansial (NPV, IRR, BCR, Payback Period) dan analisa kelayakan investasi terkait aspek non-finansial (aspek teknis, aspek manajemen, juga aspek politik dan ideologi, sosial dan budaya, serta pertahanan dan keamanan). Setelah dilakukan perhitungan dan analisis kelayakan finansial didapatkan nilai Payback Period 4,13 tahun, IRR sebesar 12%, NPV sebesar Rp.25.342.750,56, dan BCR sebesar 1,22. Hal ini menunjukkan bahwa Bank Sampah Rawajati layak pada aspek finansial. Setelah dilakukan analisis pada Aspek Hukum, Politik, dan Ideologi, Aspek Teknis dan Manajemen, Aspek Sosial dan Budaya, serta Aspek Pertahanan dan Keamanan, dapat disimpulkan bahwa Bank Sampah Rawajati layak pada aspek non-finansial.


Keywords


bank sampah; organik; anorganik; kelayakan; investasi

Full Text:

PDF

References


Afandi, I. & Fitria, L. & Rispianda. (2014). Analisis Kelayakan Pengelolaan Sampah Organik Di Kota X. Reka Integra Jurnal Online Institut Teknologi Nasional. Vol. 2 (3): 163-173.

Afiyah, A., Saifi, M. & Dwiatmanto. (2015). Analisis Studi Kelayakan Usaha Pendirian Home Industry (Studi Kasus pada Home Industry Cokelat “Cozy” Kademangan Blitar. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 23 (1), 1–11.

Gaol, L. A. R. L. (2013). Analisa Kelayakan Teknis dan Finansial pada Proyek Apartemen Dian Regency. Jurnal Teknik Pomits Vol. 2, No. 1, 58-62.

Giatman, M. (2006). Ekonomi Teknik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ibrahim, Y. (1998) .Studi Kelayakan Bisnis. Edisi Pertama. Jakarta: Rineka Cipta.

Kasmir & Jakfar. (2003). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Predana Media.

Kustanti, R., Rezagama, A., Ramadan, B. S., Sumiyati, S., Samadikun, B. P., Hadiwidodo, M. (2020). Tinjauan Nilai Manfaat pada Pengelolaan Sampah Plastik Oleh Sektor Informal (Studi Kasus: Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan). Jurnal Ilmu Lingkungan Vol. 18 (3): 495-502.

Munizu, M., Sumardi, Tajuddin, I. (2017). Kajian Ekonomi Program Bank Sampah di Makassar (Study on Economic Benefit of Garbage Bank Program In Makassar). Jurnal Inovasi dan Pelayanan Publik Makassar Vol.1 (1): 1-13.

Prasetya, H., & Sri, F. H. (2017). Analisis Teknis dan Finansial Proyek Pembangunan Apartemen U-Residence 3 Karawaci Tangerang Selatan. e-Jurnal Matriks Teknik Sipil, Vol. 5 (3), 990-998.

Putri, D. A. P. A. G. & Gama, A. W. O. (2020). Analisis Kelayakan Finansial Sistem Pengelolaan Sampah di Desa Penebel Kabupaten Tabanan. Jurnal Unmas Denpasar Kampus Mataram Vol. 14 (1): 573-578.

Sinaga, D. (2009). Studi Kelayakan Bisnis Dalam Ekonomi Global: Teori dan Aplikasinya dalam Evaluasi Proyek. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Triana, A. P. & Sembiring, E. (2018). Evaluasi Kinerja Dan Keberlanjutan Program Bank Sampah Sebagai Salah Satu Pendekatan Dalam Pengelolaan Sampah Dengan Konsep 3R (Studi Kasus Di Kota Cimahi). Jurnal Teknik Lingkungan Vol.24 (2): 69 – 78.

Wakka, A. K. (2008). Analisa Kelayakan Finansial Usaha Industri Rumah Tangga Dalam Pembuatan Produk Nata Lontar. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan, Vol. 5, No. 2, 83-94.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v10i2.4499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Riau Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter