EFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI TERHADAP PENANGGULANGAN VERBAL BULLYIING DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MI’RAJ BATAM

Tamama Rofiqah, Fitri Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektifitas layanan informasi terhadap penanggulangan verbal bullying di Taman Pendidikan Al-Qur’an Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre eksperimen desaign, untuk menguji apakah layanan informasi dapat menanggulangi perilaku verbal bullying. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan sample jenuh yaitu seluruh siswa Taman Pendidikan Al-Qur’an yang berusia 13-14 tahun. Pengumpulan data menggunakan Skala Likert, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Temuan penelitian yang diperoleh adalah layanan informasi efektif dalam menanggulangi verbal bullying di Taman Pendidikan Al-Qur’an Batam. Dengan perolehan skor Z untuk uji dua sisi adalah  -3.412 dengan taraf signifikansi 0.01, maka Ho ditolak dan Ha diterima.


Full Text:

PDF

References


A.Muri Yusuf. (2013). Metodologi Penelitian: UNP Prees.

Ade, Novera Prahardika. (2014). Upaya Meningkatkan Pemahaman Bahaya Bullying Melalui Bimbingan Klasikal Pada Siswa. Universitas Ahmad Dahlan.

Fitrian, Saifullah. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Bullying Pada Siswa-Siswa SMP Negeri 16 Samarinda. Jurnal Psikilogi.

Karina, dkk. (2013) Perilaku Bullying Dan Karakter Remaja Serta Kaitannya Dengan Karakteristik Keluarga dan Peer Group. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen.

Komnas PA Tahun 2011. Bullying di Sekolah 139 kasus (29 juni 2012).detikNews.

Prayitno & Erman Atmi. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Rizki Prihatin dkk. (2016). Penggunaan Tekhnik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Kelas XII MIA SMA Negri 5 Palu. Jurnal Konseling & psikoedukasi.

Robiah,Flora. (2014). Mengurangi Perilaku Bullying Kelas X-4 Melalui Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing di SMA Negri 12 Medan Tahun Ajaran 201-2014. Jurnal Seintech.

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Wisnu Sri Hartinjung. (2015). Profil Pelaku dan Korban Bullying di Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v5i1.1447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.