Family Social Support in Completing Thesis on Students

SRI WAHYUNI ADININGTIYAS

Abstract


Skripsi adalah suatu bentuk karya tulis ilmiah dalam struktur kurikulum program pendidikan sarjana yang menggambarkan upaya khusus penerapan terpadu ilmu yang telah didapatkan sesuai dengan suatu peminatan.Namun pada kenyataannya tidak semua mahasiswa mampu menyelesaikan skripsi tepat waktu. Mahasiswa tingkat akhir mempunyai permasalahan yang berbeda untuk melangkah pada tugas akhir mereka. Dalam kaitannya dengan dukungan sosial, mahasiswa-mahasiswa ini tentu saja perlu adanya dukungan, paling tidak perhatian dari orang lain agar mereka temotivasi untuk bisa menyelesaikan skripsi mereka. Mahasiswa memerlukan dukungan, terlebih dukungan dari keluarganya agar termotivasi dalam menyelesaikan skripsi. Dukungan sosial keluarga dapat memotivasi mahasiswa untuk segera menyelesaikan skripsi. Para informan yang mendapatkan dukungan sosial dari keluarganya, merasa kasian terhadap orangtua yang telah bersusah payah membiayai kuliah mereka sehingga para informan semakin terpacu untuk segera menyelesaikan skripsinya


Full Text:

PDF

References


A.M. Sardiman, 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Bandung, Rajawali Pers

Andarini, Sekar Ratri & Anne Fatma. 2013. Hubungan antara Distress dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi. Jurnal Talenta Psikologi Vol. II, No. 2, Agustus. Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sahid Surakarta.

Anggarani, Penatarima Dewi. 2009. Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Strategi Koping pada Penderita Pasca Stroke. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Bart, Smet. 1994. Psikologi Kesehatan. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Fibrianti, Irmawati Dwi. 2009. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta Bumi Aksara.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jkt. Salemba Humanika

Herijulianti, dkk. 2002. Pendidikan Kesehatan Gigi. Jakarta: IKAPI PPTK Depkes RI dan WHO

Manis, Hoeda. 2012. Learning is Easy, Tips dan Panduan Praktis agar Belajar jadi Asyik, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Massenberg, A. C., Daniel, S. and Simone, K., (2015). “Social support at the workplace,motivation to transfer and trainingtransfer: a multilevel indirec effects model” International Journal of Training and Development 19:3 ISSN 1360-3736doi: 10.1111/ijtd.12054.

Ni’mahs, Ainun., Imam Tadjri., dan Kusnarto Kurniawan. 2014. Hubungan Antara Dukungan SosialDanSelf Efficacy dalam Menyelesaikan Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Oktaviani, F. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif Akuntansi. Skripsi. (tidak diterbitkan). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sabourpour, Fatemeh., and Roslan, Samsilah, Bte., (2015). “Resielience, Optimism and Social Support Among Internasional Students” Asian Social Science; Vol. 11, No. 15; 2015, ISSN 1911-2017, doi:10.5539




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v6i1.1950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.