PEMANFAATAN NILAI RAPORT UNTUK MENYUSUN PROFIL PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 LAIS MUSI BANYUASIN

Purnama Purnama, Evia Darmawani, Romadona Noverina

Abstract


Nilai raport adalah buku yang berisi hasil belajar siswa mengenai prestasi atau kepandai murid disekolah dan rapotr ini biasanya dibagikan di akhir semester kepada orang tua siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah nilai raport yang belum dimanfaatkan untuk menyusun profil pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 2 Lais Musi Banyuasin. Tujuan penelitian untuk mengetahui cara pemanfaatan nilai raport untuk menyusun profil pelayanan bimbingan dan konseling.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 90 siswa yang terdiri dari kelas VIII.1, VIII.2, VIII.3. Sampel penelitian sebanyak 90 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah pemanfaatan nilai raport dan profil pelayanan bimbingan dan konseling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, hasil belajar siswa yaitu nilai raport, teknik kuesioner atau angket kepada guru BK.

Analisis data dokumen yang dipakai berupa analisis statistik sederhana dengan menggunakan rumus persentase, dan hasil angket di deskripsikan. Dari hasil penelitian, diketahui jumlah rata-rata mata pelajaran kelompok Umum, Kelompok mata pelajaran IPA, dan kelompok mata pelajaran IPS, dengan persentase: kelompok mata pelajaran Umum 1,32%, Kelompok IPA1,31%, kelompok IPS 1,29%. Kelompok mata pelajaran IPA terlihat 7 orang siswa yang kategori interval “kurang” 7 orang siswa ini bermasalah dalam mata pelajaran Matematika dan IPA. Begitu juga kelompok mata pelajaran IPS, terlihat 7 orang siswa yang bermasalah dalam dalam mata pelajaran IPS, seni budaya dan prakarya yang artrinya perlu kerja sama dengan guru mata pelajaran masing-masing lalu diberikan bantuan berupa layanan bimbingan yang cocok. Artinya hasil belajar siswa atau nilai raport berguna untuk memberikan rekomendasi pelayanan bimbingan dan konseling bagi siswa.  

Kata kunci: Pemanfaatan Nilai Raport, Profil Pelayanan Bimbingan dan Konseling.


Full Text:

PDF

References


Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suratemi, S. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Raport Siswa Kelas Xi Ipa Di Sma Negeri Unggul Binaan Bener Meriah Dengan Metode Analisis Diskriminan. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Sumatera Utara Medan.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Prenademia Group.

Syakinah, D. (2017). Analisis Profil dan Motivasi Tenaga Kerja Wanita Disektor Ukm Kuliner (Studi Pada Kecamatan Medan Selayang). Ilmu Adminitrasi Niaga/Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sumatera Utara.

Ulandari, D. (2017). Studi Analisis terhadap Pilihan Studi Lanjut Siswa Kelas VIII Berdasarkan Hasil Tes Minat Jabatan Di SMP Negeri 45 Palembang. Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keuruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang.

Yusuf. AM. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press.

Zulfiandry, R & Mahmud, A. (2017). Sistem Pencatatan Penilaian Rapor Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 (Studi Kasus MIN Pasar Baru Bintuhan). Bengkulu: Jurnal Media Infotama. Vol 13 No. 01.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v7i1.2118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.