STRES AKADEMIK MAHASISWA DALAM MENYUSUN SKRIPSI DIMASA PANDEMI COVID-19.

Peni Ramanda, Dony Darma Sagita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres akademik mahasiswa Program Bimbingan dan Konseling dalam penyusunan skripsi di kelas pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel yang digunakan adalah sampling insidental. Hasil penelitian menunjukkan tingkat stres akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling termasuk dalam kategori tinggi yaitu 46,9%, tingkat stres akademik dalam menyusun skripsi berdasarkan faktor frustasi, faktor konflik, faktor tekanan, faktor peluang, faktor pemaksaan diri, faktor psikologis, faktor emosional, faktor perilaku dan faktor kognitif. Dengan demikian pandemi COVID-19 berdampak signifikan terhadap proses belajar mengajar mahasiswa, khususnya dalam mengerjakan skripsi.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Edisi Revisi 2010. Jakarta : Rineka Cipta.

Busmayaril. Arfa,Havilla. 2018. Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Behavioral Contract Sebagai Layanan pada Peserta Didik yang Memiliki Perilaku Membolos. http://www.google.com/ Fejournal.radenintan.ac.id (diakses pada 6 Maret 2019)

Choirotu, Zubaidah. 2016. Hubungan Kepribadian Introvert Dengan Komunikasi Verbal Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Kademangan Blitar Tahun Pelajaran. http://simki.unpkediri.ac.id (diakses pada 6 Maret 2019)

Edy, dkk. 2017. Konseling Behavioral menggunakan Teknik Kontrak Perilaku dengan Students’ Logbook untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa. https://journal.unnes.ac.id (diakses pada 8 Maret 2019)

Fitri, Retno. 2014. Penerapan Konseling Kelompok Rasional Emotif Perilaku Untuk Menurunkan Perilaku Menarik Diri (Withdrawl) Pada Siswa. http://ejournal.unesa.ac.id (diakses pada 6 Maret 2019)

Hasan, Iqbal. 2014. Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Jakarta: PT Bumi Aksara

Muliana, D. (2010). Komunikasi Lintas Budaya: Pemikiran Perjalanan dan Khayalan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Nursyaruhrahmah.2014. Hubungan Antara Kepribadian Introvert Dan Kelekatan Teman Sebaya Dengan Kesepian Remaja. https://media.neliti.com (diakses pada 6 Maret 2019)

Purnama, Dkk. 2014. Efektifitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Penguatan

Intermite Untuk Meminimalisir Perilaku Introvert Pada Siswa Kelas VIII Smp Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. https://ejournal.undiksha.ac.id (diakses pada 7 Maret 2019)

Sakinah, Ainun. 2018. Konseling Kelompok Emotional Intellegence Pada Tipe Kepribadian Introvert. http:// journal.uinmataram.ac.id (diakses pada 8 Maret 2019)

Ramdani, R., Hanurawan, F., Ramli, M., Lasan, B. B., & Afdal, A. (2020). Development and

Validation of Indonesian Academic Resilience Scale Using Rasch Models. International Journal of

Instruction, 14(1), 105-120. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1417a

Sunanto, Juang. 2005. Pengantar Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Taty. (2010). Model Konseling Behavioristik Untuk Mengurangi Kecemasan Belajar Siswa SMA di SU II Palembang. http://repository.upi.edu (diakses pada 10 Maret 2019)

Taty. (2018). Pelayanan Konseling Kelompok. Tanggerang: Tira Smart.

Taty. (2019). Psikologi Konseling. Tanggerang: Tira Smart

Taty, Indra Bayu. (2019). Psikologi Perkembangan. Tanggerang: Tira Smart




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v7i2.2146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.