WHY CHOOSE TRANSACTIONAL ANALYSIS FOR GROUP COUNSELING SERVICES? THE MEANING, PRINCIPLES, CLIENT SELECTION AND PLACEMENT IN COUNSELING GROUP

Miftahul Fikri, Neviyarni S, Yeni Karneli, Netrawati Netrawati

Abstract


Analisis Transaksional adalah salah satu pendekatan dalam pelayanan bimbingan dan konseling yang digunakan untuk melihat tipe kepribadian indvidu melalui ego state (child, adult, Parents) yang dimunculkan ketika berkomunikasi dengan orang lain. Tujuan dari pendekatan analisis transaksional ini agar klien mampu mempromosikan dirinya dengan tepat serta berupaya untuk berkomunikasi dengan terbuka, wajar, dan paham dalam berhubungan dengan orang lain. Pendekatanan analisis transaksional ini cenderung mengarah kepada aspek kognitif dan behavioral yang dirancang untuk membantu individu dalam mengevaluasi putusan yang ambilnya. Metode dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Reasearch) dengan mengkaji secara mendalam pendekatan analisis transaksional dilihat dari berbagai perspektif konseling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Temuan dari studi ini mengungkapkan bahwa pendekatan analisis transaksional dapat dipakai oleh konselor sekolah dalam pelayanan konseling terutama untuk melihat hubungan sosial klien ketika bekomunikasi baik digunakan dengan format individual, kelompok serta klasikal. Artikel ini akan membahas berkenaan dengan mengapa memilih pendekatan analisis transaksional dalam pelayanan konseling kelompok

 


Full Text:

PDF

References


Berne, E. (1996). Principles of Transactional Analysis. Indian Journal of Psychiatry, 38(3), 154–159. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-4471-9_6

Berne, E. (2016). Transactional analysis in psychotherapy: A systematic individual and social psychiatry. Pickle Partners Publishing.

Berne, E. M. . (1975). Transactional Analysis in Psychotherapy. New York: Grove Press, Inc.

Bono, J. E., & Judge, T. A. (2004). Personality and transformational and transactional leadership: a meta-analysis. Journal of Applied Psychology, 89(5), 901.

Corey, G. (2009). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Rafika Aditama.

Eagly, A. H., Johannesen-Schmidt, M. C., & Van Engen, M. L. (2003). Transformational, transactional, and laissez-faire leadership styles: a meta-analysis comparing women and men. Psychological Bulletin, 129(4), 569.

Elwyn, G., Greenhalgh, T., Macfarlane, F., & Koppel, S. (2016). Groups, A Guide To Small Group Work In Healthcare, Management, Education And Research. Boca Raton: Taylor & Francis.

Erskine, R. G. (2018). Life scripts: A transactional analysis of unconscious relational patterns. Routledge.

Fall, K. A. (2013). Group counseling: Concepts and procedures, fifth edition. Group Counseling: Concepts and Procedures, Fifth Edition. https://doi.org/10.4324/9780203114629

Fallon, A. (2006). Informed consent in the practice of group psychotherapy. International Journal of Group Psychotherapy, 56(4), 431–453.

Fibkins, W. L. (2014). The Emotional Growth of Teens “How Group Counseling Intervention Works for Schools.” United Kingdom: Rowman & Littlefield.

Forsyth, D. R. (2010). Group Dynamics: Fourth Editon. Belmont: Thompson Wadsworth.

Gorsky, P., & Caspi, A. (2005). A critical analysis of transactional distance theory. Quarterly Review of Distance Education, 6(1).

Guest, D. E. (2004). The psychology of the employment relationship: An analysis based on the psychological contract. Applied Psychology, 53(4), 541–555.

Harano, Y. (2005). Role lettering therapy: A new transactional analysis technique from Japan. Transactional Analysis Journal, 35(3), 254–259.

Hargaden, H., & Sills, C. (2002). Transactional analysis: A relational perspective (Vol. 7). Psychology Press.

Larasati, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Berfikir Positif Melalui Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Analisis TransaksionaL. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(9), 553–567.

Lawrence, L. (2007). Applying Transactional Analysis and Personality Assessment to Improve Patient Counseling and Communication Skills. American Journal of Pharmaceutical Education, 71(4), 1–81. Retrieved from http://libproxy.lib.unc.edu/login?url=https://search.proquest.com/docview/211301765?accountid=14244%0Ahttp://vb3lk7eb4t.search.serialssolutions.com/?genre=article&atitle=Applying+Transactional+Analysis+and+Personality+Assessment+to+Improve+Patient+Counsel

Nayeri, A., Lotfi, M., & Noorani, M. (2014). The effectiveness of group training of transactional analysis on intimacy in couples. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 152(2014), 1167–1170.

Netrawati, N., Khairani, K., & Karneli, Y. (2018). Upaya Guru BK untuk Mengentaskan Masalah-Masalah Perkembangan Remaja dengan Pendekatan Konseling Analisis Transaksional. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 79–90.

Pervin, L. A. (1967). A twenty-college study of student× college interaction using tape (transactional analysis of personality and environment): Rationale, reliability, and validity. Journal of Educational Psychology, 58(5), 290.

Prayitno, Afdal, Ifdil, & Ardi, Z. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok yang Berhasil. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Sanyata, S. (2010). Teknik dan Srategi Konseling Kelompok. Jurnal Paradigma, 9(1), 105–120.

Sawarjuwono, T., & Kadir, A. P. (2003). Intellectual capital: Perlakuan, pengukuran dan pelaporan (sebuah library research). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 35–57.

Steiner, C. (1990). Scripts people live: Transactional analysis of life scripts. Grove Press.

Stewart, I. (2013). Transactional analysis counselling in action. Sage.

Sukardi, D. K. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Summers, G., & Tudor, K. (2000). Cocreative transactional analysis. Transactional Analysis Journal, 30(1), 23–40.

Tudor, K. (2002). Transactional Analysis Approaches to Brief Therapy: What do you say between saying hello and goodbye? Sage.

Vinella, P. (2013). Transactional Analysis Counseling Groups: Theory, Practice, and How They Differ from Other TA Groups. Transactional Analysis Journal, 43(1), 68–79. https://doi.org/10.1177/0362153713486111

Wardati, & Jauhar, M. (2011). Implementasi Bimbingan & Konseling di Sekolah. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Widdowson, M. (2009). Transactional Analysis. USA: Taylor & Francis.

Winkel, W. ., & Hastuti, S. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Zhao, H. A. O., Wayne, S. J., Glibkowski, B. C., & Bravo, J. (2007). The impact of psychological contract breach on work‐related outcomes: a meta‐analysis. Personnel Psychology, 60(3), 647–680.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v7i2.2513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.