Upaya Meningkatkan Penyesuaian Sosial Anak Asuh Usia Remaja di Panti Asuhan

Peni Ramanda, Ramdani Ramdani

Abstract


Penyesuaian sosial merupakan salah satu dari tugas perkembangan diusia remaja. Penyesuaian sosial
merupakan tugas perkembangan terberat yang harus dipenuhi diusia remaja, termasuk oleh anak asuh usia
remaja yang tinggal di panti asuhan. Remaja yang tinggal di panti asuhan cenderung lebih mudah mengalami
masalah dibandingkan remaja yang tinggal dengan keluarga sendiri. Salah satu masalah tersebut adalah
penyesuaian sosial. Masalah penyesuaian sosial mestinya mendapat jalan keluar yang tepat yang sesuai
dengan sumber masalahnya. Sumber masalah penyesuaian sosial tersebut ada yang bersumber dari pemikiran
irrasional dan ada yang bukan. Alternatif bantuan yang diberikan kepada anak asuh usia remaja yang memiliki
masalah penyesuaian sosial yang bersumber dari pimikiran irrasional adalah REBT setting group. Sedangkan
alternatif bantuan yang diberikan kepada anak asuh usia remaja di panti asuhan yang bersumber bukan dari
pemikiran irrasional adalah layanan bimbingan kelompok. Pemberian bantuan ini mestinya dilakukan oleh
tenaga professional. Oleh karena itu, disarankan agar panti asuhan memiliki konselor panti asuhan yang bisa
memberikan layanan bimbingan kelompok dan REBT setting group sebagai upaya untuk mengentaskan
masalah penyesuaian sosial anak asuh usia remaja di panti asuhan.
Katakunci: Penyesuaian sosial, REBT setting group, layanan bimbingan kelompok

Full Text:

PDF

References


Ali, M., & Asrori, M. (2004). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Chaplin J.P. (2004). Kamus Lengkap Psikologi. Terjemahan oleh Kartini Kartono. Jakarta: Rajawali Pers.

Ausubel. (2002). Theory and Problems of Adolescent Development (3rd. ed). Lincoln: Universe.

Ellis, A., dan Dryden, W. (2003). Albert Ellis Live!. London: SAGE Publications.

Hartati, L., dan Respati, W.S. (2012). “Kompetensi Interpersonal pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Asrama dan

yang Tinggal di Panti Asuhan Cottage”. Jurnal Psikologi, (Online), Vol. 10, No. 2, (www. e-jurnal.com/

/09/kompetensi-interpersonal-pada-remaja.html?m=1, diakses 12 Mei 2015).

Khairat, I. (2016). “Efektivitas Pelaksanaan REBT Setting Group Dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial Remaja di Panti

Asuhan Wira Lisna Padang”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: PPS2BK FIP UNP.

Latipun. (2011). Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Prayitno. (1997). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok: Dasar dan Profil. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Putra, R.S., dan Rahmah, E. (2013). “Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar di Panti asuhan Wira Lisna Mata

Air Padang”. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, (Online), Vol. 2. No. 1, (diakses 5 Mei 2015).

Schneiders, A. A. (1964). Personal Adjustment and Mental Health. New York: Library of Congress Catalog.

Surya, M. (2003). Teori-teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Yanizon, A. (2013). “Peningkatan Penyesuaian Sosial Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Studi Eksperimen di

Madrasah Aliyah Negeri 1 Curup ”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: PPS2BK FIP UNP.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v3i1.262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.