HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Habel Saud, Yulius Mataputun, Yansen Alberth Reba

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji secara empirik hubungan antara minat dan keterampilan belajar dengan motivasi belajar mahasiswa Prodi BK FKIP Uncen. Penelitan ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasional. Populasi penelitian ini yaitu keseluruhan mahasiswa anggkatan tahun 2015 s.d 2019 berjumlah 103 orang. Jumlah sampel sebanyak 65 responden dengan teknik random sampling. Data dianalisis dengan statistis inferensial (korelasi berganda). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) terdapat hubungan positif signifikan antara minat belajar dengan motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,00 > 0,005; (2) terdapat hubungan positif signifikan antara keterampilan belajar dengan motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,00 > 0,005, dan (3) terdapat hubungan positif signifikan bersama-sama antara minat belajar dan keterampilan belajar dengan motivasi belajar mahasiswa Prodi BK FKIP Uncen dengan nilai signifikansi 0.00 > 0,005 dan nilai koefisinesi korelasi sebesar 0,654 (+) berada pada kategori kuat. Pembuktian ini memberi arti bahwa makin tinggi minat dan keterampilan belajar, maka makin tinggi pula motivasi belajar.

Full Text:

PDF

References


Abu, A. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Anas, M. & Farida, A. 2014. Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 16 (1): 41-46.

Basuki, I., & Hatiyanto. 2016. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djaali, H. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Elliot, S.N. Kratoewill, T.R. Littlefield, J. Travers, J.F. (2000). Education Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. Dubuque: Brown & Benchmark.

Harefa, N. 2018 Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Metode Praktikum. JURNAL SELARAS. Kajian Bimbingan dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 1 (1): 28-38.

Masni, H. 2015. Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Dikdaya, 5 (1): 34-45.

McMahon, M., & Luca, J. (2001, Desember). Assessing students’ self-regulatory skills. In ASCILITE. (427-34).

Nilawati, L. & I. Dwinanato, B. (2011). Pengaruh Motivasi pada Kinerja Belajar Pengujian Terhadap Sebuah Model. Integritas - Jurnal Manajemen Bisnis, 3 (3): 287-303.

Prayitno, A., & Taufik, S., Prayitno, E. 1997. Seri Latihan Keterampilan Belajar Program Studi dan Beban Studi. Satgasus 3SCPD. Tim Pengembangan 3SCPD Proyek PGSM Dikti Depdikbud.

Prayitno. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Putri, R. M., Alrefi., Veizzy, Y. 2017. Peningkatan Keterampilan Belajar Mahasiswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Perkuliahan Layanan Bimbingan Konseling I. Konseling Komprehensif, 4 (2) : 38-44.

Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.

Ricardo & Rini, I. M. 2017. Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Perkantoran, 2 (2): 188-201.

Safari, (2003) Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sardiman A. M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Setiyaningsih, A. 2013. Hubungan antara Minat Masuk Jurusan di Kebidanan dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Bidan Prada: Jurnal Publikasi Kebidanan Akbid YLPP Purwokerto, 4 (01).

Sedayanasa, G. (2003). Model Bimbingan Kolaborasi Pembimbing dan Guru dalam Peningkatan Ketrampilan Belajar Siswa Dengan Pendekatan Multimodal (Studi Deskriptif Analitik Pada SMU negeri I Singaraja). Disertasi Program Pascasarjana, UPI Bandung : Tidak Diterbitkan.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solikah, S. N. 2008. Hubungan Antara Minat dengan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Mengikuti Pembelajaran Praktik Dilaboratorium Keterampilan Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (Dirtasi Doktoral Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/895

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2002 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika

Wahyuni, E. 2012. Keterampilan Belajar (Study Skills) Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fip Unj. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1): 33-40.

Harefa, N. 2018 Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Metode Praktikum. JURNAL SELARAS. Kajian Bimbingan dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 1 (1): 28-38.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v8i2.3541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.