Efektifitas Layanan Konseling Perorangan Dalam Mengurangi Agresi Kelas X RPL SMK Negeri 4 Batam Effectiveness Individual Counseling Services to Decrease Aggression of Class X RPL SMK Negeri 4 Batam

Puji Harweni, Septi Primakuria

Abstract


Pendidikan merupakan kemajuan bangsa, dalam membentuk manusia yang berbudaya dan bermartabat yang jauh dari perilaku kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam mengurangi agresi. Penelitian ini menggunakan pre-eksperimen dengan The One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan angket yang dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling perorangan efektif dalam mengurangi agresi siswa. Hal ini terlihat dari terdapatnya perbedaan agresi siswa kelompok eksperimen pada pretest dan posttest dengan nilai Z -2,521 dan signifikansinya 0,012.

Keywords: konseling perorangan, agresi

 

Education is national development in making civilized and dignified human come further from violence. This research aims to help students to dicrease the agression. This reasech uses pre-exprement by using The One Group Pretest-Posttest. The samples of this research were selected by using purposive sampling technique. The instruments were questionaire and analized by using Wilcoxon Signed Ranks Test with SPSS 20 program. The result shows that Individual Counseling Services were efective to decrease students’ agression. It can be seen from the agression defferences between exprement group students’ pre-test and post-test velues. The value was Z -2,521 and its significant was  0,012.

Keywords: Individual Counceling, Aggression


Full Text:

PDF

References


A. Muri Yusuf. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Estefania Estevez Lopez dkk. (2006). Aggressive and non aggressive Rejected Students: an Analysis of their differences. Jurnal of Psychology in the schools Vol.43(3). Diunduh Januari 2016, dari publishedonline in wiley interscience (www.interscience.wiley.com)

Laela Siddiqah. (2012). Pencegahan dan Penangan Perilaku Agresif REmaja Melalui Pengelolaan Marah. Jurnal Psikologi Vol 37, No 1. Diunduh Januari 2016.

Maria dkk (2011).aggressive Behaviour as a Predictor of Self-Concept: A Studu with a Sample of Spanish Compulsory Secondary Education Students. Jurnal Psychology Intervention.

Muh. Nur Fajar N.Y. (2004). Hubungan Antara Prasangka dengan Perilaku Agresif pada Masyarakat Jawa Terhadap Masyarakat Tionghoa di Kelurahan Kemlayan Surakarta. Skripsi. Tidak diterbitkan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta.

Muthia Hanum. (2015). Efektifitas Layanan Konseling Perorangan Meningkatkan Kemandirian Siswa dalam Menyelesaikan Maslah Belajar. Prosiding Internasional Counseling Seminar Padang.

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung, Seri Panduan Layanan dan Kegiatan Pendukung. Padang: Program PPK FIP UNP.

Sofyan S. Willis. (2014). Konseling Individual, Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v3i2.558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.