ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERNAL PEMBERIAN KREDIT (Studi Kasus Pada Bank Perkreditan Rakyat LSE Manggala Batam)

Merry Tumiar manullang, Firdaus Hamta

Abstract


Abstrak : Fenomena menjamurnya BPR saat ini, berdampak semakin ketatnya persaingan antar BPR dalam membuat inovasi penyaluran kredit untuk menarik para nasabah baru, terkadang hal ini yang sering terlewatkan sehingga kurang menjaga kehati-hatian dalam melakukan kebijakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan SIA dalam mendukung Pengendalian Internal Kredit pada PT. BPR LSE Manggala Batam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan secara menyeluruh data yang didapat selama proses penelitian, berupa data dari hasil wawancara dan observasi dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sampai saat ini belum pernah terjadi peristiwa yang merugikan perusahaan dalam mengelola pemberian kredit, begitupun sebaliknya dengan pengembalian piutang masih berjalan sebagaimana mestinya, dengan demikian penerapan sistem informasi akuntansi sudah mendukung pengendalian internal pemberian kredit pada PT. BPR LSE Manggala Batam.

Kata kunci : Penerapan SIA dalam Mendukung Pengendalian Internal


Keywords


Sistem Informasi Akuntansi, Pengendalian Internal, Kredit

Full Text:

PDF

References


Jayanti Dwi Kiki, 2016. Penelitian Im-plementasi Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Intern dalam proses pemberian kredit pada BPR Nusamba Ngunut Cabang Ngadiluwih, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Lestari Puji Diyah, 2013. Penelitian Analisis Sistem dan prosedur pemberian kredit Multuguna dalam upaya meningkatkan pengendalian kredit studi pada PT. Bank Pembangunan daerah Jawa Timur Cabang Madi-un, Universitas Brawijaya Malang.

Mulyadi, 2013. Sistem Akuntansi, Salemba Empat, Jakarta.

Romney, Marshal B, dan Steinbart, Paul John, 2009. Accounting Infor-mation Systems, USA: Ce gage Learning.

Salim A Faradila, 2015. AnalisaPen-erapan Sistem Informasi Akuntansi dalam mendukung Pengendalian In-ternal pemberian Kredit pada PT. Bank Bukopin Manado, Universitas Sam Ratulangi Mana-do.

Sugiyono, 2012. Memahami penelitian Kualitatif, Albeta Bandung

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuali-tatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v12i1.1298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic