ANALISIS EFISIENSI PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH ( BOS ) SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN SISTEM NON TUNAI DI SDIT DARUL FALAH NONGSA KOTA BATAM

Afrinanda Afrinanda, Sri Mulyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana Analisis Efisiensi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sebelum dan sesudah Penerapan Sistem Non Tunai pada SDIT Darul Falah Nongsa Kota Batam. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kualitatif, pada tinjauan pustaka membahas teori penggunaan dan BOS sedangkan pada bab 3 metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan strategi tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan terdiri dari informan, lokasi, peristiwa atau aktivitas, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuestioner. Pada bab 4 Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis Efisiensi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sebelum dan sesudah Penerapan Sistem Non Tunai di SDIT Darul Falah Nongsa Kota Batam meliputi : (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pelaporan: hasil observasi tentang Bagaimanakah Analisis Efisiensi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sebelum Penerapan Sistem Non Tunai pada SDIT Darul Falah Nongsa Kota Batam diperoleh data yang dilaksanakan 23 atau (35,93%) dan yang tidak dilaksanakan 41 atau (64,07%), bahwa pelaksanaan pengeolalaan dapat dikatakan kurang efisiens karena di dibawah 60 %. (2) Selanjutnya penulis menganalisa hasil hasil observasi tentang Bagaimanakah Analisis Efisiensi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sesudah Penerapan Sistem Non Tunai pada SDIT Darul Falah Nongsa Kota Batam diperoleh persentase akhir sebesar 50 atau (78,13%) dan yang tidak dilaksanakan 14 atau (21,87%) ini menandakan bahwa sistem nontunai lebih membantu dalam penggunaan anggaran dana BOS.

Kata Kunci : Efisiensi, Pengelolaan dan Penerapan BOS, Penerapan Sistem Non Tunai


Keywords


Efisiensi, Pengelolaan dan Penerapan BOS, Penerapan Sistem Non Tunai

Full Text:

PDF

References


Badan Pengambangan dan Pem-binaan Bahasa. (2018).Kamus Besar Bahasa Indonesia versi dalam jaringan. Melalui kbbi.wed.id/ diakses pada 08 Desember 2017 pada pukul 12.55.

Dwi, Anggraini Ristya. “Trans-paransi, Partisipasi, Akuntabil-itas Pengelolaan Anggaran Da-na BOS dalam Program RKAS di SDN Pacarkeling VIII Surabaya,” Jurnal Ke-bijakan dan Manajemen Pub-lik, Vol.1, No. 2, Mei- Agustus 2013.

Erwantosi. (2010). Analisis Efektifitas, Akuntabilitas dan Transparasi Bantuan Operasional Sekolah pada Sekolah Menengah Per-tama di Kota Padang. Tesis Universitas Andalas.

Hani Fitria. (2014). Efektivitas Pengelolaan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi Pada SMK PGRI Pandaan). Skripsi Universitas Negeri Surabaya.

Kusno, Masluyah Suib, Wahyudi. (2012). Pengelolaan Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) Di Sekolah Dasar Negeri 01 Muara Pawan Kabu-paten Ketapang.

Peraturan Pemrintah (PP) Republik Indo-nesia nomor 8 tahun 2017 tertanggal 22 Februari 2017.

Peraturan Pemerintah Republik In-donesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.

Sugiyono. 2012 : 92. “penelitian yang mem-bandingkan keberadaan satu var-iabel atau lebih pada dua atau sampel yang berbeda, atau pada waktu yang berbeda”.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v12i1.1299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic