PENGARUH PENGELOLAAN MODAL KERJA DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada PT. Ho Wah Genting Indonesia)

Aznedra Aznedra

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Manajemen Modal Kerja terhadap Kinerja Keuangan PT Ho Wah Genting Indonesia untuk per 2005 - 2016. (2) Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Kinerja Keuangan PT Ho Wah Genting Indonesia selama tahun 2005 - 2016 (3) Pengaruh secara simultan antara Modal Kerja Manajemen dan Perputaran Piutang Kinerja Keuangan terhadap PT Ho Wah Genting Indonesia selama tahun 2005 - 2016. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif karena mengacu pada perhitungan data penelitian dalam bentuk angka. Variabel penelitian ini termasuk variabel dependen dan independen. Sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT Ho Wah Genting Indonesia pada tahun 2005 - 2016. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, jumlah 24 (dua puluh empat) data per 2005 - 2016. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda . Berdasarkan hasil analisis statistik dapat dijumlahkan pengaruh perputaran modal kerja (X1) korelasi (2,494) dan signifikan (0,021) <0,05. yang artinya hubungan itu signifikan. Berdasarkan data yang diperoleh maka keputusan tersebut menyatakan bahwa ada hubungan positif antara pengaruh perputaran modal kerja (X1) terhadap Return On Asset (Y) Kesimpulan maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perputaran Piutang (X2) berpengaruh pada Return on Asset (ROA) adalah nilai korelasi (-1225) dengan nilai negatif menunjukkan hubungan tidak searah. Nilai signifikan (0234)> 0,05, yang berarti hubungan tidak signifikan. Berdasarkan data yang diperoleh maka keputusan tersebut menyatakan ada pengaruh positif antara perputaran piutang dari pengembalian aset. Kesimpulannya Ho diterima dan Ha ditolak. F hitung (3,805) dengan nilai F yang secara signifikan dihitung 0,039 lebih rendah dari 0,05. 0,039 nilai signifikansi <0,05 yang berarti hubungan tersebut signifikan. Ini berarti bahwa ada hubungan yang signifikan variabel mempengaruhi perputaran modal kerja dan perputaran piutang bersama-sama pada variabel laba atas aset.

Kata Kunci: Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Piutang, Return On Asset.


Keywords


Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Piutang, Return On Asset

Full Text:

PDF

References


I Wayan Mustika Utama. 2013. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan dan Biaya Kepatuhan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.2, No.2

Alia, Rosita. 2011. “Analisis Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Return on Equity, Debt to Equity Ratio terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Real Estate dan Property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Ambarita, Marisa. 2009. “Pengaruh Perputaran Piutang terhadap Return On Asset (ROA) pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”, Skripsi, Jurusan Akuntansi, USU.

Brigham, Eugene F. and Joul F. Houston. 2006. Fundamental of financial management, Dasar-dasar manajemen keuangan, buku satu, edisi sepuluh, alih bahasa oleh Ali Akbar Yulianto, PT Salemba Empat, Jakarta.

Deni, Irman. 2012. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Riau: UMRAH.

Hanafi, M Mahmud dan Abdul Halim, 2005. Analisi Laporan Keuangan, Edisi Kedua, AMP, YKPN, Yogyakarta.

Kasmir. 2013. “Analisis Laporan Keuangan”. Edisi 1. Cetakan ke-6. Jakarta: Rajawali Pers.

Nugroho, Bhuono Agung, 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik dengan SPSS, Edisi Pertama, Andi, Yogyakarta.

Sawir, Agnes, 2005. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, PT. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis.

Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang, 2009. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis, edisi pertama, Media Pressindo, Yogyakarta.

Van Horne, James C. dan John M. Machowicz. Alih Bahasa: Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary. 2005. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Buku Satu Edisi Dua Belas. Jakarta: Salemba Empat.

Warren, Carl S., J. M. Reeve, dan P. E. Fees. Alih Bahasa: Aria Farahmita, dkk. 2005. Accounting Pengantar Akuntansi, Edisi XXI. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v12i1.1300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic