ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENERIMAAN KAS DARI PIUTANG PADA PERUSAHAAN JASA EKSPEDISI DI PT. TRANS MUTLI CARGO

Dewanti Veronica, Hendry Jaya

Abstract


Pengendalian intern yang baik sangat diperlukan atas penerimaan kas dari piutang untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam proses akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas sistem pengendalian intern penerimaan kas dari piutang periode tahun 2017 di PT. Trans Multi Cargo. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif yaitu memberikan gambaran atas data yang diperoleh kemudian diolah, dianalisis dan membandingkan dengan teori yang relevan sesuai dengan dengan teori Mulyadi (2016) dan menguji efektifitas sistem pengendalian intern dengan metode Stop-Or-Go Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern penerimaan kas dari piutang di PT. Trans Multi Cargo sudah berjalan dengan baik. Hal ini tercermin dari sudah terpenuhinya unsur-unsur sistem pengendalian intern dan hasil dari pengujian kepatuhan untuk mengetahui efektivitas sistem pengendalian intern tidak ditemukan ada penyimpangan. Pada tingkat kesalahan sama dengan 0, confidence level factor pada R% = 95% adalah 3, dengan demikian diperoleh AUPL = 5% sehingga AUPL = DUPL sebesar 5% dan dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem pengendalian intern penerimaan kas dari piutang sudah efektif.

Kata Kunci : Pengendalian Intern, Penerimaan Kas dari Piutang


Keywords


Pengendalian Intern, Penerimaan Kas dari Piutang

Full Text:

PDF

References


Eni Pirnawati, 2013. Sistem Akuntansi Pen-erimaan Kas Dari Piutang Pada Koperasi Erba Usaha (KSU) Makmur Abadi Kecamatan Kayen Kabu-paten Pati, Universitas Negeri Semarang.

Heri Sukendar, 2010. Sistem Informasi Akuntansi Penjualan, Piutang dan Penerimaan Kas Pada PT.Nakami Kinema Cemerlang. Uni-versitas Bina Nusantara, Binus Business Review Vol. 1 No.1 Mei 2010:1-14, Jakarta Barat.

Hery, 2013. Akuntansi Keuangan Menen-gah, CAPS (Center of Ac-ademic Publishing Service), Yogyakarta.

Krismiaji, 2015. Sistem Informasi Akuntan-si, Sekolah Tinggi Ilmu Ma-najeme YKPN, Yogyakar-ta.

Mulyadi, 2016. Sistem Akuntansi; Edisi IV, Salemba Empat, Jakarta.

Nena Seoulinda; Aries Wicaksono, 2012. Evaluasi Pengendalian In-ternal Dan Sistem Akuntan-si Atas Penerimaan Kas Dan Piutang Premi Asuran-si Pada Pt H. Jakarta. BI-NUS BUSINESS RE-VIEW Vol. 3No. 2 No-vember 2012: 983-992.

Soemarso S.R. 2010. Akuntansi Suat Pengantar; Edisi Kedua, Buku 1, Salemba Empat, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v12i1.1303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic