PENGARUH TINGKAT PERPUTARAN PIUTANG DAN TINGKAT PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP RENTABILITAS (Studi Kasus pada PT. ABM Otomotif Batam)

Dian Nuraeni, Jayana Salesti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perputaran piutang dan perputaran persediaan berpengaruh terhadap Rentabilitas pada PT. ABM Otomotif Batam tahun 2014-2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat kuantitatif.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 20.

Hasil penelitian pada uji F menunjukan bahwa perputaran piutang dan perputaran persediaan secara simultan berpengaruh simultan terhadap Rentabilitas ( Return On Asset ). Secara uji t perputaran piutang berpengaruh secara parsial terhadap Rentabilitas ( Return On Asset ), sedangkan perputaran persediaan tidak berpengaruh secara parsial terhadap rentabilitas ( Return On Asset ) pada PT. ABM Otomotif Batam pada tahun 2014-2016.

Kata Kunci : Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Rentabilitas, Return On Asset.

 


Keywords


Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Rentabilitas, Return On Asset

Full Text:

PDF

References


Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multi-variate Dengan Program SPSS. Semarang:Cetakan kelima. Badan Penerbit Uni-versitas Diponegoro.

Hery. 2015. Praktis Menyusun Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana In-donesia

Kasmir. 2008 . Analisis Laporan Keu-angan. Jakarta: Penerbit Ra-jawali Pers

Kasmir. 2010. Pengantar Mana-jemen Keuangan. Jakarta: Kencana Preneda Media Group.

Munawir, S 2010. Analisis Laporan Keu-angan. Yogyakarta: Liberty

Murtiningsih, Tri. 2016. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Tingkat Perputaran Piutang, Tingkat Perputaran Persediaan terhadap Rentabilitas. (Skripsi). Kediri: Universitas Nusan-tara PGRI

Nawarcono, Winanto. Pengaruh Tingkat Perputaran Piutang, Persediaan dan Modal Kerja terhadap Rentabilitas Ekonomi (Studi Kasus Perusahaan Man-ufactur yang Terdaftar di BEI Tahun 2007 – 2009). ISSN -1411-3880.

N. Rahma, 2011. Pengaruh Perputaran Piutang dan Perputaran Kas terhadap Laba Usaha pada Pe-rusahaan Barang Konsumsi Terdaftar di Bursa Efek Indone-sia (BEI). Jurnal Penelitian. Vol.3(1): 31-49.

Putri Ayu Diana dan Bambang Hadi Santo-so. 2016. Pengaruh Perputaran Kas, Piutang, Persediaan ter-hadap Profitabilitas pada Pe-rusahaan Semen di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: Volume 5, Nomor 3, Maret 2016.

Riyanto, Bambang. 2010, Dasar – dasar Pembelajaran Perusahaan Edi-si Keempat. Yogyakarta: BPFE

Rosmiati, Elis. 2009. Pengaruh Perputaran Piutang dan Perputaran Perse-diaan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan pada Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI 2005 – 200). Bandung: Universitas Widyatama

Suryani, Hj, Anna. 2016. Analisa Pengaruh Tingkat Perputaran Piutang dan Tingkat Perputaran Perse-diaan terhadap Rentabilitas Ekonomi PT. Afresh Indonesia Jambi. (Jurnal Ilmiah). Jambi: Universitas Batanghari Vol. 16 No.1 Tahun 2016.

Sofyan Syafri , Harahap. 2010. Analisa Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers

Subramanyam. 2010. Analisa Laporan Keungan Buku 1. Jakarta : Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v12i1.1304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic