ANALISA PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM DALAM MENENTUKAN HARGA POKOK PRODUKSI PROJECT ROV’s PADA PT. OCEANEERING BATAM

Evi Apriyani, Jayana Salesti

Abstract


Penggunaan satu penggerak biaya dalam menentukan harga pokok produksi dinilai belum mampu menelusuri biaya secara akurat. Sistem biaya berdasarkan aktivitas dapat digunakan untuk mengatasi kelemahan dari sistem tradisional karena pembebanannya didasarkan pada aktivitas yang dilakukan sehingga memberikan informasi biaya yang akurat. Banyak metode dalam penentuan harga pokok produksi salah satunya yaitu metode Activity Based Costing System. Metode ini dianggap mampu menutupi kelemahan dari metode yang lebih dulu ada yaitu metode biaya tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana perbedaan penentuan  harga pokok produksi antara metode akuntansi biaya tradisional dan metode Activity Based Costing System di PT.Oceaneering Batam. Data dan informasi diperoleh dengan mewawancarai pihak-pihak terkait serta melakukan observasi secara langsung terhadap aktivitas produksi yang dilakukan perusahaan dalam menghasilkan produk. Data yang diperoleh dianalisis dengan melakukan perhitungan-perhitungan menggunakan metode akuntansi dan hasil dari perhitungan tersebut dibandingkan dengan teori-teori yang relevan serta menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil perhitungan harga pokok produksi dengan metode Activity    Based    Costing    System   diperoleh    harga    pokok    produksi   sebesar IDR 1.863.923.159,- yang lebih kecil bila dibandingkan dengan metode perhitungan  harga  pokok  produksi  yang   dilakukan perusahaan yaitu sebesar IDR 1.891.271.616,-. Perbandingan dari kedua metode tersebut memperoleh selisih sebesar IDR 27.348.457,-.

Keywords


Harga Pokok Produksi, Activity Based Costing System

Full Text:

PDF

References


Carter, William K. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi Empat Belas. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Esa Dwi Prastiti, Ayu. 2016. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Activity Based Costing System. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 39 No.1. Malang: Universitas Brawijaya.

Fransisca Adie, Agnes. 2011. Peranan Activity Based Costing System Dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi Kain yang Sebenarnya Untuk Penetapan Harga Jual. No.04. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Halim, Abdul, dkk. Akuntansi Manajemen. Edisi Dua. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Helmy Maulana, Ardi. 2016. Analisis Activity Based Costing System (ABC System) Sebagai Dasar Menentukan Harga Pokok Kamar Hotel. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 30 No.1. Malang: Universitas Brawijaya.

Herman, Edi. 2013. Akuntansi Manajemen Suatu Orientasi Praktis. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Nurul Pawiyataningrum, Agustina. 2014. Penerapan Activity Based Costing (ABC) System Untuk Menentukan Harga Pokok Produksi. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 10 No. 1. Malang: Universitas Brawijaya.

Stevie Siswanto, Andrew. 2010. Perbandingan Penerapan Sistem Activity Based Costing dan Job Order Costing Sebahai Alternatif Dalam Penentuan Kos Barang Terjual yang Lebih Akurat Dalam Industri Jasa. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi. Volume 9 No.11. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Sugiri, Slamet, dan Bogat Agus Riyono. 2008. Akuntansi Pengantar I. Edisi Tujuh. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Supriyono, 2010. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v11i1.1731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic