PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN LINGKUNGAN KELUARGA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Riau Kepulauan Tahun Angkatan 2013-2016)

Cahyo Budi Santoso, Benny Rinaldi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi  dan Lingkungan Keluarga Sebagai Variabel Moderasi di Universitas Riau Kepulauan  Fakultas Ekonomi JurusanAkuntansi Tahun Angkatan 2013-2016. Teknik pengolahan data yang dilakukan, menggunakan Analisis regresi linear berganda dan MRA (Moderated Regression Anlyisis ) karena variabel lingkungan keluarga merupakan variabel moderating sehingga penelitian ini menggunakan alat uji regresi interaksi dalam melakukan pengujian variable moderatingdengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solutions).Hasil analisis menunjukkanKecerdasan Emosional tidak memilikipengaruh secara signifikan terhadap Pemahaman akuntansi. Gaya Belajar juga tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Pemahaman Akuntansi.Lingkungan Keluarga sebagai variabel moderating juga tidak berpengaruh siginifikan terhadap Kecerdasan Emosional dan Gaya Belajar terhadap Pemahaman Akuntansi.

Keywords


Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar, Pemahaman Akuntansi, Lingkungan Keluarga.

Full Text:

PDF

References


Abed, Khaled. 2012. Interest in the Manaement Accounting Profession: Accounting Students’ Perceptions in Jordanian Universities. Journal of Asian Social Science, 8(3), pp: 303-316.

Adi, W. Gunawan. 2012. Genius Learning Strategy. Petunjuk praktis untuk menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Artana, Buda. 2014. Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ), dan Perilaku Belajar terhadap Pemahaman Akuntansi. E-Journal S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), h: 54-64.

Dwi, Handayani, Intan Immanuela, dan Galih Widyawati. 2014. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Budaya terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 2(1), h: 25-34.

Effendi, Muhadjir. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Edisi lima. Jakarta. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Goleman, Daniel. 2015. Emotional Intelligence (Terjemahan Alex Kantjono W). Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Luqman, Hakim. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Skripsi Universitas Gunadarma.

Lynn, G., Darlene Bay, and Beth Visser. 2011. Emotional Intelligence : The Role of Accounting Education and Work Experience. Journal American Accounting Association, 26(2), pp: 12-25.

Mawardi. M. Cholid. 2011. Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi terhadap Konsep Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi di Kota Malang. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang, 3(2), h: 38-55.

Munib, Achmad. 2006. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Nurhalinah, Arie Kusumaningrum, Hesty Trilonggani. 2011. Hubungan Fungsi Afektif Keluarga TerhadapKecerdasan Emosional Remaja. Makalah Afektif. Ogan Ilir.

Nugraha, Aditya, Prima. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku BelajarTerhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Jember). Skripsi. Universitas Jember.

Phillips, Barbara. 2007. Sink or Skim: Textbook Reading Behaviors of Introductory Accounting Students. Issues in Accounting Education, 22(1), pp: 21-44.

Porter, Bobbi De-Mike Hernacki. 2015. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono. Dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.

Suprianto dan Harryoga. 2015. Faktor-Faktor Penentu Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Semarang.

Sawitri Dwi Prastiti dan Sri Pujiningsih. 2010. Pengaruh Faktor Preferensi Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Tahun 14 Nomor 3. FE Universittas Gajah Mada.

Sylvia D. Clark* and Craig A. Latshaw**. 2012. Effects of Learning Styles/ Teaching Styles and Effort on Performance in Accounting and Marketing Course. World Journal of Management Vol. 4. No. 1. Pp. 67 – 81.

Syabarni, Amirullah. 2014. Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.

Wibowo, B. S, 2002, Sharpeninh our Conceptand Tools, PT Syamil Cipta Media, Bandung.

Winkel, W.S. 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Revisi. Jakarta: Gramedia.

Zakiah, Farah. 2013. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2009 di Universitas Jember).Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v12i2.1739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic