ANALISIS KEPATUHAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DITINJAU DARI PERSEPSI WAJIB PAJAK RODA DUA DI BELAKANG PADANG BATAM

Firdaus Hamta, Rahma Putria Bahri

Abstract


Kepatuhan pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Provinsi Kepulauan Riau yang pemanfaatannya digunakan untuk pembangunan daerah, maka kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor sangat penting untuk menjadi perhatian oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, kepustakaan, wawancara. Objek penelitian dipilih di ibu kota Kecamatan Belakang Padang karena letak geografisnya terpisah dari pulau Batam. Artinya bahwa Wajib Pajak (WP) kendaraan bermotor di Belakang Padang jauh dan di pisahkan oleh laut dari lokasi pelayanan SAMSAT Batam. Akibatnya WP Kendaraan bermotor di daerah tersebut kesulitan bahkan mengindari kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor.Hasil penelitian bahwa faktor dominan yang mempengaruhi tingkat kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor di Belakang Padang adalah faktor sosial, meliputi: kualitas pelayanan, keikhlasan, motivasi, kendala serta kontribusi pajak kendaraan bermotor. Persepsi wajib pajak-KB R2 di Belakang Padang bahwa: (a) membayar pajak KB-R2 untuk menghindari denda; (b) Tidak membayar PKB-R2 karena tidak terdapat razia pajak KB; (c) karena kesulitan ekonomi; (d) karena sulit menjangkau pelayanan SAMSAT akibat waktu dan kondisi geografis; (e) kurang memahami fungsi pajak kendaraan bermotor.

Keywords


Kepatuhan Pajak dan Persepsi Wajib Pajak Kendaraan Bermotor

Full Text:

PDF

References


Andriani, P.J.A. 2005. Pengantar Ilmu Hukum Pajak. Jakarta: PT.Gramedia.

Hamta, Firdaus. (2015). Metode Penelitian Akuntansi. Yogyakarta: Deepublish

Hamta, F. (2016). Analisis Penerapan Data Mining Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Samsat Batam. DIMENSI, 1(3).

Mardiasmo. 2011. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Republik Indonesia. Undang-undang No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Sekretariat Negara. Jakarta.

Simanjutak, Timbul dan Imam Mukhlis.2012. Dimensi Ekonomi Perpajakan dalam Pembangunan Ekonomi. Bogor. Raih Asa Sukses.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v12i2.1740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic