ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS UNTUK MEMBANDINGKAN PENGENDALIAN KEUANGAN DI PT.VICKY MANDIRI BATAM

Yuni Exma, Hamidi Hamidi

Abstract


Pengendalian sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas merupakan hal yang penting dalam sebuah perusahaan, karena kas merupakan aktiva yang penting dalam upaya melindungi kas dari pencurian dan penyalahgunaan trasaksi keuangan. Oleh sebab itu, Perusahaan membutuhkan sebuah pengendalian penerimaan dan pengeluaran kas. Sistem akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas sudah mengalami peningkatan dalam penerimaan kas dan mengalami pengeluaran yang stabil pada tahun 2008 hingga sekarag. Pembagian tugas dan tanggung jawab pada tahun 2007 kebawah sangatlah kurang efisien dibandingkan dengan pembagian tugas dan tanggung jawab pada tahun 2008 hingga sekarang sudah memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Dapat di lihatkan pada flowchart tahun 2007 penerimaan dan pengeluaran dan pada flowchart tahun 2008 hingga sekarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sudah efektivkan sistem penerimaan dan pengeluaran kas di PT. Vicky Mandiri Batam. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahawa pengendalian sistem informasi penerimaan dan pengeluaran kas pada PT. Vicky Mandiri Batam sudah cukup efektiv dalam pengendalian penerimaan kas dan untuk pengeluaran kas sudah cukup stabil.  Menjelaskan bahwa sistem akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas sudah cukup efektiv.


Keywords


pengendalian penerimaan, pengeluaran kas, pengendalian internal

Full Text:

PDF

References


Supriyadi, Rini Kartika Hudiono, Lina Sinatra Wijaya. 2013. Rancang Bangun Sistem Jejaring Klaster Berbasis Web Menggunakan Metode Model View Controller.Vol.6 No.3 - Mei 2013 ISSN: 1978-8282 STMIK Raharja.

Henderi, Maimunah, Randy Andrian. 2011. Desain Aplikasi e-Learning sebagai Media Pembelajaran Artificial Informatics. Journal CCIT Vol-4 No.3 - Mei 2011 ISSN: 1978-8282 STMIK Raharja

Krismiaji, 2005. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Kedua. Yogyakarta : Akademi Manajemen. Perusahaan YKPN.

Nugroho, Adi. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML & Java. Yogyakarta: Andi Offset.

Aisyah, Sity, Nawang Kalbuana. 2011. Perancangan Aplikasi Akademik Tenologi Mobile Menggunakan J2ME. Vol.4 No.2-Januari 2011 ISSN: 1978-8282 STMIK Raharja.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v11i2.1749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic