PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, BUDGET EMPHASIS DAN SELF ESTEEM TERHADAP BUDGETARY SLACK PADA HOTEL BERBINTANG EMPAT DI KOTA BATAM

RAVIKA PERMATA HATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh partisipasi anggaran, Budget Emphasis, dan Self EsteemĀ  terhadap Budgetary Slack pada hotel berbintang empat di kota Batam. Penelitian ini dilakukan dihotel berbintang empat di kota batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode teknik survei dengan menyebarkan kuesioner langsung kepada responden (karyawan) pada masing-masing hotel tempat dimana responden bekerja.Berdasarkan hasil penelitian, analisis partisipasi anggaran terhadap budgetary slack menunjukkan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh signifikan terhadap budgetary slack, budget emphasis secara parsial atau individu berpengaruh signifikan terhadap budgetary slack, self esteem secara parsial atau individu berpengaruh signifikan terhadap Budgetary Slack, dan pengaruh yang signifikan antara partisipasi anggaran, budget emphasis, dan self esteem secara bersama-sama (simultan) terhadap budgetary slack

Keywords


Partisipasi Anggaran, Budget Emphasis, Self Esteem, Budgetary Slack

Full Text:

PDF

References


Apriadinata, Made Didik., Edy Sujana dan Made Pradana Adi Putra. Pengaruh Partisipasi Anggaran,Penekanan Anggaran, Komitmen Organisasi dan Asimetri Informasi Terhadap Slack Anggaran Dengan Kompleksitas Tugas Sebagai Variabel Moderasi Studi Kasus Pada Bank Perkreditan Rakyat Di Kota Singaraja. e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 2 No. 1. 2014: h. 1-10.

Asak, P.Rani Adnyani. Kemampuan Asimetri Informasi, Ketidakpastian Lingkungan, Budget Emphasis,dan Kapasitas Individu Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Partisipasi Anggaran Pada Budgetary Slack Studi Kasus Pada Skpd Di Kabupaten Badung. Tesis. Denpasar : Program Magister Program Studi Akuntansi Program Pasca Sarjana Universitas Udayana, 2014.

Dewi, Nyoman Purmita dan Erawati Ni Made Adi. Pengaruh Partisipasi Penganggaran, Informasi Asimetris, Penekanan Anggaran, dan Komitmen Organisasi Pada Senjangan Anggaran. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol .9 No. 2. 2014: h. 476-486.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2013.

Ramdeen, Collin, Jocelina Santos, and Hyun Kyung Chatfield. An Examination of Impact of Budgetary Participation, Budget Emphasis, and Information Asymmetry on Budgetary Slack in the Hotel Industry. 2007: h. 1-15.

Sugiono. Statistika Untuk Penelitian. Jakarta: Alfabet, 2011.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v13i1.1855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic