ANALISIS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT MISKIN PENGGUNA KARTU INDONESIA SEHAT DI KOTA BATAM

Diah Ayu Pratiwi

Abstract


Penelitian ini mengkaji mengenai pelayanan kesehatan masyarakat miskin pengguna Kartu Indonesia Sehat. Tujuan penelitian ini menganalisa kebijakan dari Kartu Indonesia Sehat dan bagaimana pelayanan kesehatan yang di dapat masyarakat miskin penggunan Kartu Indonesia Sehat di Rumah Sakit Daerah Embung Fatimah.  Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Informan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan data yang diperoleh dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari lima indikator mutu pelayanan kesehatan yang di teliti di RSUD Embung Fatimah yaitu, bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati bahwa indikator kehandalan dan daya tanggap merupakan indikator yang paling dominan dalam mutu pelayanan di RSUD Embung Fatimah.

Keywords


Pelayanan Kesehatan, Kartu Indonesia Sehat, Daya Tanggap, Kehandalan, Kota Batam

Full Text:

PDF

References


Bogdan, Robert dan Steven Taylor. 1975. Introducing to Qualitative Methods: Phenomenological. New York: A Willey Interscience Publication.

Rasyid, Ryaas. 2013. Makna Pemerintahan: Dari Segi Etika dan Kepemimpinan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

Kutanegara, Pande Made. 2010. Penanggulangan Kemiskinan di Era Otonomi Daerah: Dilema Peran Pemerintah dan Masyarakat. Yogyakarta: Pusat Studi Kebijakan dan Kependudukan UGM.

Aditama, Tjandra Yoga. 2003. Manajemen Administrasi Rumah Sakit, UI Press: Jakarta

Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1988. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. Vol 64 (1) pp 12-37.

Azwar, Azrul, 1995. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan: Aplkasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Moenir, AS. 2003. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Ratminto dan Atik, S. W. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurmala. 2016. Efektivitas Pelayanan Kartu Indonesia Sehat Di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. H. M. Anwar Makkatutu Kabupaten Bantaeng. E-Journal http://eprints.unm.ac.id/8973/1/JURNAL%20.pdf.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v13i2.2034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic