PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Perusahaan Property, Real Estate dan Building Construction yang terdaftar Di BEI 2015-2018)

Friska Dwi Kurniawati, Syafruddin Syafruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio ,Total Asset Turnover dan Return on Equity, Earnings Per Share, Price Earnings Share,  Price Book Value, dan Net Profit Margin terhadap Harga Saham pada perusahaan property, real estate dan consruction building yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018.Instrumen penelitian ini menggunakan dokumentasi, Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan  purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 34. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda menggunakan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap variabel variabel tersebut yaitu varibel Earning Per Share dan Price Book Value. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan bagi para investor dalam mengambil keputusan terkait pengaruh rasio keuangan terhadap harga saham, serta sebagai pertimbangan bagi investor apabila hendak berinvestasi pada perusahaan. Karena terlalu banyak variabel yang digunakan maka penulis kurang banyak menjabarkan teori – teori tersebut.

Keywords


CR, DER, TATO, ROE, EPS, PER, PBV ,NPM, Harga Saham

Full Text:

PDF

References


Almalya, N. T. (2016). Pengaruh RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY, NET PROFIT MARGIN DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP HARGA SAHAM.

Cahyaningrum, Y. W. (2017). Pengaruh Earnings Per SHARE, Price to Book Value Almalya, N. T. (2016). Pengaruh RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY, NET PROFIT MARGIN DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP HARGA SAHAM.

Cahyaningrum, Y. W. (2017). Pengaruh Earnings Per SHARE, Price to Book Value ,Return on Asset, dan Return on Equity terhadap harga saham.

Handyansyah, M. R. (2016). pengaruh Return on Asset (ROA),Return on Equity (ROE),Net Profit Margin (NPM) Dan Earnings Per Share Terhadap Harga Saham.

Husaini. (2012). Pengaruh Variabel Return on Assets, Return on Equity, Net Profit Margin dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Perusahaan. jurnal profit:universitas brawijya .

Hutami. (2012). Pengaruh Return On Investment (ROI), Price Earning Ratio (PER), dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal : Universitas Negeri Semarang .

Martono. (2002). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia.

Mulyono. (2001). Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama.

Mussalamah. (2005). Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan yang Tercantum Dalam Indeks LQ45. Jurnal : Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma .

Sarmayanti, T. N. (2017). pengaruh ROA,EPS,NPM, dan ROE terhadap harga saham.

Sawir. (2003). “Analisis kinerja keuangan dan perencanaan keuangan perusahaan”. Jakarta: PT Gramedia pustaka utama.

Wangry. (2015). Pengaruh Price Book Value (PBV), Debt Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS), Dividen Payout Ratio (DPR) dan Return On Asset (ROA) terhadap harga saham (studi empiris pada perusahaan food and baverage yang terdaft. Jurnal : Universitas Gunadarma .




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v14i2.2870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic