Pengaruh Profitability dan Likuiditas terhadap Kebijakan Dividen Kas Dengan Firm Size Sebagai Variabel Moderasi (Pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

Rustam Rustam, Annesa Adriyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profitability dan likuiditas terhadap kebijakan dividen kas dengan firm size sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2018  yang berjumlah 173 perusahaan dengan metode purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu. Adapun sampel yang digunakan berjumlah 11 perusahaan dengan 5 periode (2014-2018). Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu studi dokumentasi berupa laporan-laporan emiten yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Analisis data dilakukan dengan pengujian Regresi Linier Berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitability yang diukur menggunakan Return On Equity (ROE) berpengaruh terhadap kebijakan dividen kas, likuiditas yang diukur menggunakan Current Ratio (CR) tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen kas dan firm size tidak berpengaruh terhadap hubungan profitability dan likuiditas dengan kebijakan dividen kas, sehingga firm size terbukti tidak mampu memoderasi pengaruh hubungan profitability dan likuiditas terhadap kebijakan deviden kas.

 

Kata Kunci:  Profitability, Likuiditas, Firm Size, Kebijakan Dividen Kas


Keywords


Profitability, Likuiditas, Firm Size, Kebijakan Dividen Kas

Full Text:

PDF

References


Andriani, Mela. (2016). The Influence Profitabilitiy, Liquidity, Laverage, Activity and Size of Devidend Policy. Jurnal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Aqsho, Muhammad Nur. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Posisi Kas, Growth, Leverage, dan Likuiditas Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Real Estate And Property Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2010-2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fahmi, Irham. (2012). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ginting, Suriani. (2018). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas. Dan Leverage Terhadap Kebijakan Deviden Pada Perusahaan Lq45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. JWEM: Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Jilid 8, Terbitan 2.

Jogiyanto. (2009). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Marieta dan Sampurno. (2013). Analisis Pengaruh Cash Ratio, Return On Asset, Growth, Firm Size, Debt to Equity Ratio Terhadap Dividend Payout Ratio (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2011). Diponegoro Journal Of Management, 2(3): 2337-3792.

Riyanto, Bambang. (2011). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: GPFE.

Sartono. (2012). Manajemen Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sartono, Agus. (2016). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : BPFE.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta.

Sunarya, Devi Hoi. (2013). Pengaruh Kebijakan Utang, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Deividen dengan Size Sebagai Variabel Moderasi Pada Sektor Manufaktur Periode 2008-2011. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.2 No.1.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v15i1.3099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.