ANALISIS PENERAPAN. LAPORAN. ARUS. KAS. BERDASARKAN. PSAK. NO. 2 .PADA SEKTOR BARANG KONSUMSI YANG. TERDAFTAR. DI BURSA. EFEK. INDONESIA. (BEI)

RAVIKA PERMATA HATI, sri mulyati, Apriliani Akbarsari

Abstract


Laporan Arus kas ialah satu jenis laporan yang terdapat di Laporan keuangan yang menyediakan aliran kas sebuah perusahaan dari tiga macam aktivitas utama dalam perusahaan yang terdiri dari Aktivitas operasi,, Aktivitas investasi,. Aktivitas pendanaan., Untuk melakukan penyusunan laporan arus kas perusahaan hendaknya membenahi Laporan arus kas sebanding dengan ketentuan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan khususnya PSAK 2 dimana PSAK 2 tersebut mengatur mengenai laporan arus kas. Tujuan dari penelitiann ini ialah untuk mengetahui bagaimana gambaran serta implementasi PSAK 2 tentang laporan arus kas di perusahaan sektor industri barang konsumsi subsektor makanan dan minuman. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif. Teknik yang dilakukan dalam melakukan engumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah dengan dokumentasi, yaitu dengan Cara mengumpulkan data sekunder yang diterbitkan oleh IDX mengenai perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) terutama untuk laporan arus kas nya. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa perusahaan barang konsumsi makanan dan minuman, yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia BEI telah menerapkan  Laporan Arus Kas berdasarkan PSAK No. 2 tetapi masih ada sebagian pos atau elemen yang terdapat di Laporan Arus Kas perusahaan yang belum sesuai pada ketentuan PSAK No. 2.

Keywords


Laporan Arus Kas, PSAK No. 2, BEI.

Full Text:

PDF

References


Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. “Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 02 Laporan Arus Kas.” Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan 02 (02): h. 1-52.

Kasmir (2015:10). 2015. “Pengertian Laporan Keuangan.” Harahap (2015:105),.

Kementrian Perindustrian RI. 2018. “Kemenperin: Industri Makanan Dan Minuman Jadi Sektor Kampiun.” Kementerian Perindustrian RI.

Sanusi, Anwar. 2014. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian.” Metodologi

Sugiyono, D. 2018. Metode Penelitian Kuatintatif , Kualitatif Dan R & D / Sugiyono. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v15i2.3789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic