PROSEDUR PENCATATAN PIUTANG ONLINE TRAVEL AGENT DENGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI INSOFT PADA ESKA HOTEL

Ita Mustika, Ferdila Ferdila, Andi Auliya Ramadhany, Agus Sutiandi

Abstract


Teknologi yang semakin berkembang harus dimanfaat dengan baik oleh berbagai sektor   bidang usaha, salah satunya adalah industri perhotelan. Teknologi seperti Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Insoft yang dipakai oleh Eska Hotel berguna untuk melakukan proses pencatatan piutang, dimana hal ini sangat berguna untuk mengetahui piutang beredar dan dapat memprediksi piutang dapat terkelola dengan baik atau tidak.  Prosedur pencatatan dan penagihan piutang Online Travel Agent (OTA) yang terkadang mengalami kendala harus dapat dituntaskan dengan membuat prosedur yang jelas dan baku untuk dijadikan sebuah pedoman. Dengan metode kualitatif deskriptif akan memberikan gambaran prosedur pencatatan yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca.    Proses pencatatan yang telah terkomputerisasi seperti sistem informasi akuntansi insoft yang di pakai Eska Hotel dapat berfungsi dengan maksimal karna telah menggunakan sistem modern yang dapat meminimalisir terjadinya kesalahan human error.

Keywords


Prosedur, Piutang, OTA, SIA, Insoft

Full Text:

PDF

References


Ameliasari, I. (2008). Evaluasi Pengelolaan Piutang Dagang Terkait Dengan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Piutang Sebagai Alat Untuk Menjamin Tertagihnya Piutang Dagang Perusahaan: Studi Kasus Pada Pt. Semen Gresik (Persero) Tbk (Doctoral Dissertation, Universitas Airlangga).

Analisis Desain Standard Operational Procedure Piutang Hotel Dalam Perpektif Akuntansi Perhotelan (Studi Pada Pt.Royal Orchid Garden Hotel & Condominium)Nurbatin Dseminar Nasional Sistem Informasi (2018) 9

Analisis Sistem Akuntansi Piutang Pada Pdam Tirta Randik Cabang Payung Bayung Lencirlina Anggrainiakuntansi, Politeknik Negeri Sriwijaya, (2016)

Arma, C. D., & Dewi, D. N. (2018). Pencatatan Piutang Pada Perkuatan Modal Usaha Bidang Pertanian (Pmubp) Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Lampung. Karya Ilmiah Mahasiswa.

Fauzi, Rizki Ahmad. Sistem Informasi Akuntansi (Berbasis Akuntansi).Ed.1.Cet.1.Yogyakarta: Deepublish, April 2017

Fauzia, K. (2020). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Piutang Usaha Berbasis Web Menggunakan Php Dan Mysql. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 80-85.

Ferdila & Mustika, Ita & Prima, A.G.Akuntansi Keuangan Dasar 1. 2021,Batam: Batam Publisher.

Kesuksesan Sistem Informasi Akuntansi Yang Dipengaruhi Oleh Optimalisasi Dukungan Manajemen Puncak Serta Efektifitas Struktur Organisasipuspitawati L, Wisdayanti Djurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan (2020) 8(3) 531-540

Kusumaratri, R. D. (2020). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Piutang Pada Cv Menang Sentosa. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 9(2), 246-258.

Nuratin, Defia. 2018. Analisis Desain Standard Operational Procedure Piutang Hotel Dalam Perspektif Akuntansi Perhotelan (Studi Pada Pt Royal Orchid Garden Hotel & Condominium). Fakultas Teknologi Informasi Unmer Malang

Pengaruh Sistem Akuntansi Piutang Dan Penerimaan Kas Sebagai Alat Pengendalian Intren Pada Pt. Federal Internasional Finance (Fif)Fakultas S, Universitas E, Aji Bjurnal Measurement (2015) 9(1)

Peranan Sistem Informasi Akuntansi Piutang Terhadap Pengendalian Piutang (Studi Kasus Pada Pt. Arwinda Perwira Utama) Andryan Elfani J.K, Yayuk Nurjanah Dan Aang Munawar

Pratama, F. A. (2015). Sistem Pencatatan Piutang Dagang Melalui Gross Methode Pada Ud. Duta Air Mancur Cirebon. Jurnal Kompak (Komputer Akuntansi), 11(2).

Rofiudin, M., & Juniarsa, N. (2019, September). Model Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Piutang Untuk Jasa Perhotelan. In Sneb: Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis Dewantara (Vol. 1, No. 1, Pp. 9-20).

Salimudin, D. (2009). Tinjauan Atas Prosedur Pencatatan Piutang Usaha Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Bandung (Doctoral Dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Sistem Informasi Akuntansimarshal B. Romney, Paul John Steinbartsalemba Empat, (2015), 13, 1-826

Sulistiani, H., Triana, R., & Neneng, N. (2018). Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Piutang Usaha Untuk Menyajikan Pernyataan Piutang (Open Item Statement) Pada Pt Chandra Putra Globalindo. Jurnal Tekno Kompak, 12(2), 34-38.

Suprantiningrum, R. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan, Piutang Dan Penerimaan Kas (Studi Kasus Pada Ud. Praktis Di Magetan). Serat Acitya, 5(2), 100.

Tjiptojuwono, E., Wibowo, A., Ibad, A. I., Pratama, D. A., & Putri, W. I. (2017). Analisis Pengendalian Sistem Informasi Akuntansi Piutang. Jurnal Bisnis Teknologi, 4(1), 8-13.

Vidiasari, A., & Darwis, D. (2020). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit Buku Cetak (Studi Kasus: Cv Asri Mandiri). Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(1), 13-24.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v16i1.4194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic