PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

LAILATUS SA'ADAH, Crystal Aninditha, Muhamad Soedarman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Govenance  yang terdiri dari kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan dewan komisaris independen terhadap nilai perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitaf kausalitas yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia di situs resmi www.idx.co.id. Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur kecuali dari sektor semen , logam, tekstil, tembakau, dan alas kaki, yang terdaftar di BEI periode 2018-2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik  purposive sampling dengan ketentuan sampel yang telah ditetapkan dengan sampel sebanyak 21 perusahaan.  Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Koefesien Determinasi (R2), dan Uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap nilai perusahaan, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan dewan komisaris independen berpengaruh terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Corporate Social Responsibility,Good Corporate Governance, Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v16i2.4586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic