FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA DALAM BERKARIER SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK

Hermaya Ompusunggu, Anggun Permata Husada, Syafruddin Syafruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi dalam memilih karier sebagai akuntan publik. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Penghargaan financial, Lingkungan kerja dan Pelatihan profesional sedangkan variabel dependennya adalah minat mahasiswa dalam pemilihan karier sebagai akuntan publik. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi semester 7 dan 9 yang ada di Kota Batam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan quesioner by google doc kepada seluruh mahasiswa akuntansi yang sedang menempuh semester 7 dan 9. Metode Analaisis data dengan menggunakan software SPSS versi 26. Jumlah responden yang mengisi kuesioner sebanyak 162 Mahasiswa, yang terdiri dari 25 mahasiswa dari univeristas riau kepulauan, 30 mahasiswa dari universitas universal, 35 mahasiswa dari Universitas Batam, 40 Mahasiswa dari Universitas Internasional Batam dan 32 Mahasiswa dari Universitas Ibnu Sina. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penghargaan financial, lingkungan kerja dan pelatihan profesional secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan karier sebagai akuntan publik.


Keywords


Penghargaan financial, lingkungan kerja , pelatihan profesional dan minat mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Andini, R. &. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarier Sebagai Akuntans Publik. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 297-302.

Astasari, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi memilih berkarier sebagai akuntan publik ( Studi kasus Mahasiswa jurusan akuntansi di Universitas Islam Indonesia Daerah istimewa Yogyakarta).

Chandrarin, G. (2018). Metode riset Akuntansi Pendekatan Kuantitatif. Salemba Empat.

Chandrarin, G. (2018). Metode Riset Akuntansi Pendekatan Kuantitatif. Salemba Empat.

Dippa, F. A. (2020). Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik. Kumpulan hasil riset akuntansi ( Kharisma) (2) 1, 113-124.

Dwisantoso, A. &. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk berkarier manjasi akuntan publik ( Studi kasus mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Febrianti, F. (2019). Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karier sebagai akuntan publik. JAK ( Jurnal Akuntansi) Kajian ilmiah Akuntansi (2) 2, 88-98.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25 ( 9th.ed). Universitas Diponegoro.

Hapsoro D. & Hendrik, D. T. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi berkarier sebagai akuntan publik. Akuntansi Dewantara (2) 2, 142-158.

Hendrik, D. T. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi untuk berkarier sebagai akuntan publik.

Susanti, A., & Ompusunggu, H. (2021). Pengaruh Pemahaman, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Batam. UPB Repository, 1-46.

Yusran, R. (2017). Analisis Faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa terhadap pemilihan karier akuntan/ non akuntan. Jurnal Akuntansi ( Media Riset Akuntansi & Keuangan) 5 (2), 203-212.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v16i2.4715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic