ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA (Studi Kasus Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman & Farmasi yang Terdaftar di BEI)

Aznedra Aznedra, Rizki Eka Putra, Bosar Hasibuan

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis adanya pengaruh variabel profitabilitas dan variabel leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur di Indonesia dengan menggunakan subsektor makanan dan minuman & Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2021. Penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Perusahaan yang dijadikan sampel sebanyak 31 perusahaan dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengumpulan sampel. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini bahwa profitabilitas ada pengaruh signifikan terhadap manajemen laba sedangkan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Dapat dilihat dari hasil signifikansi profitabilitas 0,000 < 0,05 dan leverage 0,293 > 0,05.


Keywords


Profitabilitas, Leverage, Manajemen Laba

Full Text:

PDF

References


Elfira, A. (2014). Pengaruh Kompensasi Bonus Dan Leverage Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012). Jurnal Akuntansi, 2(2).

https://www.gurupendidikan.co.id/studi-kepustakaan/ [5sept2021].

Maria Regina Fika Meilida Sugirianto. 2016. Analisis Perbedaan Praktek Manajemen Laba Sebelum dan Sesudah Konvergensi IFRS. [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Fakultas Ekonomi.

Melinda, W. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Laba Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Paradigma Akuntansi, 1(2), 452-459.

Rusli, R., Ritonga, K., & Sari, S. Y. (2015). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Doctoral dissertation, Riau University)

Widayanti, W., Kristianto, D., & Widarno, B. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Debt Equity Rati, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 15.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v16i2.4807



Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic