PENGARUHiLIKUIDITAS DANiSOLVABILITASiTERHADAP KINERJAiKEUANGAN PTiGUDANG GARAMiTBK PERIODE 2017-2021

yasinta citra arumsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas dan solvabilitas terhadap kinerja keuangan perusahaan. Dalam penelitian ini variabel independent adalah likuiditas yang menggunakan perhitungan rasio CR (Current Ratio) dan solvabilitas yang menggunakan perhitungan DER (Debt to Equity Ratio). Sedangkan untuk variabel dependen adalah kinerja keuangan dengan menggunakan perhitungan rasio ROE (Return on Equity). Data yang digunakan berupa data sekunder laporan keuangan tahunan. Metode penelitan yang diterapkan yakni penelitian kuantitatif.  Populasi dalam penelitian ini yakni laporan keuangan PT Gudang Garam Tbk serta mengambil sampel berupa neraca dan laporan laba rugi PT Gudang Garam Tbk periode 2017-2021. Teknik analisis data menggunakan Uji Analisis Asumsi Klasik, Analisis Koefisien Determinasi(R2) dan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan angka signifikansi likuiditas yang diproksikan dengan CR (Current Ratio) sebesar 0,299. Angka signifikansi solvabilitas yang diproksikan dengan DER (Debt to Equity Ratio) sebesar 0,272. Besarnya angka tersebut melebihi dari standar taraf signifikansi yakni 0,05. Hal tersebut dapat diartikan bahwa likuiditas dan solvabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahan.


Keywords


Likuiditas, Solvabilitas, Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF

References


Adhi Farhan, A. N. (2021). Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Kinerja Keuangan PT Unilever Tbk Periode 2012-2021. Accounting and Management Journal , 9.

Asniwati. (2020). Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas, dan Profitabilitas Terhadap Kinerja Keuangan pada PT. Midi Utama Indonesia Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Economix, 12.

Deandra Naddienalifa, T. A. (2021). Analisis Profitabilitas, Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Food and Beverage. Jurnal Akuntansi, Pajak, dan Informasi (JAKPI), 14.

Ikfan Rahmanda, R. W. (2022). Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, dan Profitabilitas Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2016-2020. AL-Ulum Ilmu Sosial dan Humanioria, 13.

Lely Diana, M. S. (2020). Pengaruh Likuidtias, Solvabilitas, Manajemen Aset, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Akuntansi Kontemporer (JAKO), 15.

Luh Komang Aryaningsih, N. L. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Solvabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 10.

Mella Katrina Sari, S. (2020). Analisis Laporan Keuangan. Semarang: Semarang State Polytechnic.

Sulthon Badar Al Rahman, D. S. (2022). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan Aktivitas Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Sosial, 8.

Yuli Astuti, T. E. (2021). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Manajemen Aset, Ukuran Perusahaan, dan Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Ilmu Akuntansi, 27.

Website : www.idx.co.id

Website : www.gudanggaramtbk.com




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v17i1.4886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic