PENGARUH MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK BATAM

Rafika Rifka Tambunan, Haposan Banjarnahor

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh modernisasi sistem administrasi terhadap kepatuhan wajib pajak, 2) untuk mengetahui pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak, dan 3) untuk mengetahui pengaruh modernisasi sistem administrasi dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Data yang digunakan di dalam penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari kuisioner yang telah disebarkan kepada responden. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling yaitu Accidental Sampling sebanyak 100 responden. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah WPOP yang tercatat di KPP Pratama Batam Selatan tahun 2021 sebanyak 67.957 WPOP. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) modernisasi sistem administrasi berpengaruh signfikan terhadap kepatuhan wajib pajak, 2) Pengetahuan perpajakan berpengaruh signfikan terhadap kepatuhan wajib bayar pajak, dan 3) modernisasi sistem administrasi dan Pengetahuan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.


Keywords


modernisasi sistem administrasi, pengetahuan perpajakan, kepatuhan wajib pajak

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rieneka Cipta Ariesta

Ristra Putri (2017) Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, Sistem Administrasi Perpajakan Modern, Pengetahuan Korupsi, dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Semarag Candisari. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Devano, Sony dan Rahayu. (2006). Perpajakan Konsep, Teori dan Isu. Jakarta: Kencana.

Ghozali, Imam. (2016) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gunadi. (2013) Panduan Komprehensif Pajak Penghasilan. Jakarta: Bee Media Indonesia

Kusuma, I. N., Mahaputra, A., & Sudiartana, I. M. (2020). Pengetahuan Dan Pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan , Tarif Pajak Dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan WPOP. 2(3), 286–303.

Inasius, F., Darijanto, G., Gani, E., & Soepriyanto, G. (2020). Tax compliance after the implementation of tax amnesty in Indonesia. SAGE Open, 10(4), 2158244020968793.

Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Terbaru. Yogyakarta: Penerbit Andi

_________. (2018) Perpajakan. Edisi Terbaru. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Markhumah, U. (2019). Pengaruh Ketegasan Sanksi Pajak, Pengetahuan Pajak, Tax Amnesty, Pelayanan Fiskus, Reformasi Perpajakan Terhadap Kepatuahan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Surakarta).

Prasetyono, S. D. (2012). BUKU PINTAR PAJAK (K. Nana, ed.). Jogjakarta: Laksana.

Pravitasari, N., Hidayati, K., & Wahyuni, S. T. (2017). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kpppratama Surabaya Karang Pilang. Jurnal Ekonomi Akuntansi, 3(3), 548–561.

Priantara, D. (2012). Perpajakan Indonesia Pembahasan Lengkap & Terkini Disertai Cd Pratikum. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Putra, A. F. (2017). Pengaruh Etika, Sanksi Pajak, Modernisasi Sistem, Dan Transparansi Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak. Jurnal Akuntansi Indonesia,6(1), 1. https://doi.org/10.30659/jai.6.1.1-12

Sayidah, N., & Assagaf, A. (2019). Tax amnesty from the perspective of tax official. Cogent Business & Management, 6(1), 1659909




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v17i1.4912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic