PERAN INTELLECTUAL CAPITAL DALAM PENCIPTAAN COMPETITIVE ADVANTAGE UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN

Robert Jao, Suwandi Ng, Anthony Holly, Ana Mardiana, Liviana Tansil

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi peran intellectual capital dalam penciptaan competitive advantage untuk meningkatkan kinerja keuangan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan metode observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018 sampai dengan 2020. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel 47 perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intellectual capital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage. Intellectual capital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Competitive advantage memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Hasil uji sobel menunjukkan bahwa competitive advantage memediasi pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan dengan tipe partial mediation.


Keywords


Intellectual Capital; Competitive Advantage; Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF

References


Altarawneh, I. (2017). Effect of Intellectual Capital on Competitive Advantage in the Jordanian Pharmaceutical Companies. European International Journal of Business and Management, 9(5), 39–53. www.eijst.org.uk

Anggraini, F., Abdul-Hamid, M. A., & Kassim Aza Azlina, M. D. (2018). Competitive Advantage as Mediating Role of Intellectual Capital and University Performance: An Empirical Study in Indonesia. International Journal of economics and Management, 12(2), 351-363.

Bosnet. (2020, Oktober 27). Peran Direct-To-Consumer (D2C) pada Sektor FMCG. Diakses pada 26 September 2022, dari https://bosnetdis.com/news/peran-direct-to-consumer-d2c-pada-sektor-fmcg/

Chen, YS. (2008). The Positive Effect of Green Intellectual Capital on Competitive Advantages of Firms. Journal of Business Ethics, 77, 271–286. https://doi.org/10.1007/s10551-006-9349-1

Deviana, D. A., & Isa, M. (2018). Analisis Pengaruh Intellectual Capital terhadap Financial Performance dengan Competitive Advantage sebagai Variabel Intervening. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Diargya, B. R. (2016). Pengaruh Intellectual Capital terhadap Competitive Advantage dan Pertumbuhan Pendapatan. Skripsi, Universitas Padjadjaran.

Elvira, V. (2021, April 06). Kinerja Industri Sektor FMCG Tahun 2020 Menjadi yang Terparah dalam 20 Tahun Terakhir. Diakses pada 26 September 2021, dari https://industri.kontan.co.id/news/kinerja-industri-sektor-fmcg-tahun-2020-menjadi-yang-terparah-dalam-20-tahun-terakhir

Febrian, A. F., Maulina, E., & Purnomo, M. (2018). The Influence of Social Capital and Financial Capability on Sustainable Competitive Advantage Through Entrepreneurial Orientation: Empirical Evidence from Small and Medium Industries in Indonesia using PLS-SEM. Advances in Social Sciences Research Journal, 5(12), 218–232.

Haryoprast (2020, April 27). Gagap Layanan Pesan Antar, Fenomena di Consumer Goods. Diakses pada 27 September 2021, dari https://haryoprast.com/2020/04/27/gagap-layanan-pesan-antar-fenomena-consumer-goods/

Hadiwijaya, R. C., & Rohman, A. (2013). Pengaruh Intellectual Capital pada Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Accounting, 2(3), 1–7. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i03.p02

Kuryanto, B., & Syafruddin, M. (2008). Pengaruh Modal Intelektual terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi, Universtas Diponegoro.

Kusuma, H., & Mahmud, M. (2016). Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Pasar pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Pengujian dengan Persamaan Simutan). Jurnal STEI Ekonomi, 23(1), 17–28. https://doi.org/10.36406/jemi.v23i01.47

Lee, C.C., & Lin, C.K. (2019). The Major Determinants of Influencing the Operating Performance from the Perspective of Intellectual Capital: Evidence on CPA Industry. Asia Pasific Management Review, 24(2), 124–139. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2018.01.006

Lukas, M. P., Pasoloran, O., & Jao, R. (2018). Pengaruh Komponen Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. Ajar, 1(01), 21-43. https://doi.org/10.35129/ajar.v1i01.47

Marr, B., Schiuma, G., & Neely, A. (2004). Intellectual capital – Defining Key Performance Indicators for Organizational Knowledge Assets. Business Process Management Journal, 10(5), 551–569. https://doi.org/10.1108/14637150410559225

Masri, I., Frisca, D. P., Satria, I., & Bantasyam, S. (2018). The Role of Intellectual Capital to Economic Value Added (Empirical Study on Manufacturing Companies of Consumption Goods Sector). Jurnal Akuntansi Riset, 10(1), 87–96. https://doi.org/10.17509/jaset.v10i1.12741

Mojtahedi, P., & Ashrafipour, M. A. (2013). The Effects of Intellectual Capital on Economic Value Added in Malaysians Companies. Current Research Journal of Economic Theory, 5(2), 20–24. https://doi.org/10.19026/crjet.5.5520

Ng, S., Daromes, F. E., Lukita, M., Bangun, Y. K., & Lukman. (2020). Filantropi sebagai Prediktor Nilai Perusahaan melalui Kinerja Keuangan. Indonesian Journal of Accounting and Governance, 4(2), 27–56. https://doi.org/10.36766/ijag.v4i2.125

Nurhayati, E., Arifin, B., & Mulyasari, W. (2019). Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan di Industri Perbankan dengan Competitive Advantage sebagai Variabel Intervening. Tirtayasa EKONOMIKA, 14(1), 1–24.

Poetri, F. S. R. (2015). Pengaruh Intellectual Capital terhadap Economic Value Added pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013. Skripsi, Universitas Negeri Surabaya.

Porter, M.E. (1985). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior. New York: The Free Press.

Porter, M.E. (1986). Changing Patterns of International Competition. California Management Review, 28(2), 9–40. https://doi.org/10.2307/41165182

Pulic, A. (1998). Measuring Performance of Intellectual Potential in the Knowledge Economy. Hamilton: The 2nd World Congress on the Management of Intellectual Capital.

Pulic, A. (2004). Intellectual Capital–Does It Create or Destroy Value? Measuring Business Excellence, 8(1), 62–68. https://doi.org/10.1108/13683040410524757

Purwanti, I., & Mu’ah. (2019). Pengaruh Intangible Asset terhadap Kinerja Keuangan dengan Keunggulan Bersaing sebagai Mediasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 72–87. https://doi.org/10.22441/mix.2019.v9i1.005

Ratnasari, R. B., Titisari, K. H., & Suhendro. (2016). Pengaruh Value Added Intellectual Capital, GCG, dan Struktur Kepemilikan terhadap Kinerja Keuangan. Journal of Economic and Economic Education, 4(2), 240–257. https://doi.org/10.22202/economica.v4i2.382

Ray, S. (2012). Efficacy of Economic Value Added Concept in Business Performance Measurement. Advances in Information Technology and Management, 2(2), 260–267.

Ristiani, F. (2021). Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan dengan Competitive Advantage sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 10(1). https://doi.org/10.30595/kompartemen.v17i1.3971

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Schiuma, G., & Lerro, A. (2008). Intellectual Capital and Company’s Performance Improvement. Measuring Business Excellence, 12(2), 3–9. https://doi.org/10.1108/13683040810881153

Shiddiq, C. H. A., & Yuyetta E. N. A. (2013). Pengaruh Modal Intelektual terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Keunggulan Kompetitif sebagai Variabel Intervening. Skripsi, Universitas Diponegoro.

Sunarsih, N. M., & Mendra, N. P. Y. (2012). Pengaruh Modal Intelektual terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi, Universitas Mahasaraswati.

Susanti. (2018). Pengaruh Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan Perusahaan dan Keunggulan Kompetitif sebagai Variabel Intervening. Skripsi, Universitas Islam Sultan Agung.

Susanto, A. B. (2014). Manajemen Strategik Komprehensif: Untuk Mahasiswa dan Praktisi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ulum, I. (2009). Intellectual Capital: Konsep dan Kajian Empiris. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wernerfelt, B. (1984). A Resource-Based View of the Firm. Strategic Management Journal, 5(2), 171–180. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/smj.4250050207/abstract

Wijaya, H., & Tjun, L. (2009). Pengaruh Economic Value Added terhadap Tingkat Pengembalian Saham pada Perusahaan yang Tergabung dalam LQ-45. Jurnal Akuntansi, 1(2), 180–200. https://doi.org/10.28932/jam.v1i2.378

Wijayanto, A., Suhadak, Dzulkirom, M., & Nuzula, N. F. (2019). The Effect of Competitive Advantage on Financial Performance and Firm Value: Evidence from Indonesian Manufacturing Companies. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 85(1), 35–44. https://doi.org/10.18551/rjoas.2019-01.04

Wu, X., & Sivalogathasan, V. (2013). Intellectual Capital for Innovation Capability: A Conceptual Model for Innovation. International Journal of Trade Economics and Finance, 4(3). 139–144. https://doi.org/10.7763/IJTEF.2013.V4.274

Yuliana, I., & Khoiriyah, J. (2018). Modal Intelektual, Keunggulan Kompetitif, dan Kinerja Keuangan pada Perusahaan High-IC di Indonesia dan Singapura. Master of Management Journal, 7(4), 17–32. https://doi.org/10.29303/jmm.v7i4.343

Yuniar, T. (2021). Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Keunggulan Kompetitif sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(3), 1–21. https://doi.org/10.30595/kompartemen.v17i1.397




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v17i1.5072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic