PENGARUH FINANCIAL LITERACY, LIFE STYLE, DAN SELF-PSYCHOLOGY TERHADAP MINAT MENABUNG ZILLENNIALS

Murti Puspita Rukmi, Yohanes Adi Nugroho, Wida Arindya Sari, Irvan Rayhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh financial literacy, life style dan self psychology terhadap minat menabung Zillennials. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah survei eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 300 mahasiswa merupakan hasil rumusan slovin dari total populasi sebanyak 826 mahasiswa program studi D4 Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak. Data yang diperoleh diolah dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.0 dengan pendekatan Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan, gaya hidup dan psikologi diri berpengaruh terhadap minat menabung Zillennials. Hal ini ditunjukkan melalui hasil uji t pada variabel literasi keuangan sebesar 0,200, gaya hidup sebesar 0,291 dan psikologi diri sebesar 0,409 dengan p-value sebesar 0,000 pada taraf signifikansi 5%.

Keywords


Zillennials, Financial Literacy, Life Style, Self Psychology, Menabung

Full Text:

PDF

References


Amirin, T., 2011, Populasi Dan Sampel Penelitian 4: Ukuran Sampel Rumus Slovin, Erlangga, Jakarta.

Andespa Roni. 2017. Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung di Bank Syariah, Al Masraf. Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan-Volume 2. Nomor 1, Januari-Juni 2017, 48.

Assah Dion Nazaret, Nurlailah. 2022. Pengaruh Uang saku dan Gaya Hidup Terhadap Minat Menabung (Studi Pada Siswa Bala Keselamatan Kalawara. Jurnal Kolaboratif Sains-Vol. 5, No. 6:Juni 2022:333-342.

[CNBC Indonesia]. 2023. Mengenal Soft Saving, Nabung Dana Pensiun Ala Gen Z [internet]. Tersedia pada www.cnbcindonesia.com. Diakses 28 Februari 2024.

Ghozali, I. & Latan, H. (2015)Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hastuti, Rabihatun I, Ampa Ulleng. 2021. Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan dan Pendidikan Terhadap Keputusan Menabung Pada Bank Rakyat Indonesia di Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto.Jurnal Of Management-Vol 4, No 3.

[OJK]. Otoritas Jasa Keuangan. 2022. Literasi Keuangan [internet]. Tersedia pada https://ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/literasi-keuangan.aspx. Diakses 28 Februari 2024.

Rahel, et.al. 2020. Gaya Hidup Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas SAM Ratulagi. Jurnal Holistik: 1-14.

Rahmawati Sulis. 2022. Pengaruh Pengetahuan dan Persepsi Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi Studi Kasus Pada mahasiswa Ekonomi Syaraih Pascasarjana UIN Malang 2020 dan 2021. Tersedia pada http://etheses.uin-malang.ac.id/44732/1/200504210012.pdf. Diakses 28 Februari 2024.

Razi Safwan, et. Al. 2023. Pengaruh Literasi Keuangan, Uang Saku, dan Gaya Hidup Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. Jurnal Edukasi Ekonomi:1-9.

Sugiyono. (2018).Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabet.

Tiyas Arfin Suryaning. 2021. Pengaruh Motivasi Menabung dan Pengetahuan Tentang Produk Perbankan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia KCP MT. Haryono Magetan (Studi Pada Masyarakat Desa Setren Bendo Magetan) [internet]. Tersedia pada https://etheses.iainponorogo.ac.id/16204/1/REVISI%20AFRIN%20S%20TIYAS.pdf. Diakses 2 Maret 2024.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v19i1.6945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic