SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN KAS; STUDI KASUS PADA KOPERASI KARYAWAN PT. EPSON BATAM

Liza Arianita, Aznedra Aznedra, Hendry Jaya

Abstract


Kas merupakan  aktiva  perusahaan  yang  sangat  mudah  untuk  membiayai kegiatan suatu perusahaan. Disamping itu, kas merupakan salah satu unsur modal kerja yang paling tinggi tingkat likiuditasnya. Semakin besar jumlah kas yang dimiliki oleh suatu  perusahaan  maka  semakin  tinggi  pula  tingkat  likuiditasnya.  Untuk  itu  perlu adanya pengelolaan yang baik. Sistem akuntansi penerimaan kas adalah suatu sistem yang  dibuat  untuk  menangani  transaksi  penerimaan  kas  baik  dari  penjualan  tunai maupun piutang yang siap digunakan untuk kegiatan umum perusahaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah sistem akuntansi penerimaan kas yang digunkan pada Koperasi Karyawan PT. EPSON Batam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah sistem akuntansi penerimaan kas pada Koperasi Karyawan PT. EPSON Batam, mengetahui efektifitas sistem akuntansi penerimaan kas pada Koperasi Karyawan PT. EPSON Batam? Objek  penelitian  ini  adalah  Koperasi  Karyawan  PT.  EPSON  Batam. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada Koperasi Karyawan PT. EPSON Batam. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem akuntansi penerimaan kas pada Koperasi   Karyawan   PT.   EPSON   Batam   belum   efektif   karena   masih   adanya perangkapan fungsi. Saran yang diberikan adalah sebaiknya adanya standarisasi untuk mengantisipasi resiko, perlu dihindari perangkapan fungsi, perlu pengembangan dokumen pendukung dan catatan yang digunakan dalam sistem penerimaan kas untuk menghindari terjadinya penyimpangan dan supaya lebih efektif.

 

Kata Kunci: Sistem Akuntasi, Penerimaan Kas, Standarisasi Antisipasi Resiko


Full Text:

PDF

References


Baridwan Z. 1991. Sistem Akuntansi. akademi akuntansi YKPN. Yogyakarta. Gito Sudarmo Indriyo. 1992. Manajemen Keuangan: BPFE. Yogyakarta. Halim A. 2002. Akuntansi Keuangan Daerah. salemba empat. Jakarta.

Hamta, F. (2016). Analisa Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning Dan Capital Sebagai Alat Untuk Mengukur Tingkat Kesehatan Bank: Studi Kasus Pada Bank Pemerintah Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2011-2013. MEASUREMENT, 3(1).

Hamidi, H. (2016). Analisis Rasio Keuangan Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2010-2013. MEASUREMENT, 3(1).

Indriantoro N. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. edisi pertama. cetakan keempat. Yogyakarta.

James H. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. salemba empat. Jakarta.

Jusuf Al Haryono. 2001. Dasar-Dasar Akuntansi. sekolah tinggi ilmu ekonomi YKPN. Yogyakarta.

Margono S Drs. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi. PT. salemba empat. Jakarta.

Salesti, J. (2016). Analisis Penerapan Metode Economic Order Quantity Pada Persediaan Bahan Baku: Studi Kasus PT. IMECO Batam Tubular Tahun 2014. MEASUREMENT, 8(3).

Putra, R. E. (2016). Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada PT. Putra Tidar Perkasa). MEASUREMENT, 3(1).

Soemarso SR. 2000. Akuntansi Suatu Pengantar. edisi keempat. cetakan kesembilan. Jakarta.

Sugiri S. 2012. Akuntansi Pengantar 1. edisi kedelapan. cetakan pertama. UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Sugiyarso G. 2011. Akuntansi Koperasi. cetakan pertama. Yogyakarta. Ukhriyawati, C. F. (2016). Analisa Kinerja Keuangan Pada PT. Pelayanan Listrik Nasional (PLN) Batam Tahun 2008-2012. EQUILIBIRIA, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v10i2.928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic