PENERAPAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DALAM PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

Herman Herman, Elita Amrina, M. Ansyar Bora

Abstract


Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina (UIS) mempunyai fasilitas layanan fisik maupun non fisik seperti keramahan petugas, kelengkapan buku, skripsi, laporan, fasilitas meja baca. Dari layanan tersebut mahasiswa masih merasa belum puas dikarenakan waktu layananya terbatas, referensi buku tentang kejuran masih minim, waktu peminjaman buku sangat singkat, tingginya denda keterlambatan dalam pengembalian buku. Sehingga dapat mempengaruhi dari minat baca mahasiswa, berdasarkan data minat baca selama 3 tahun mulai dari tahun 2017-2019 yaitu jumlah rata-rata pertahun 308 orang dari total mahasiswa aktif sebanyak 1247 orang, dengan rata-rata persentase setiap tahun hanya 24,7%. Berdasarkan dari permasalah tersebut maka diperlukan metode Quality Function Deployment (QFD) untuk mendesain perbaikan kualitas layanan perpustakaan di Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina (UIS) agar dapat memenuhi kepuasan mahasiswa. Dari hasil pengukuran yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mahasiswa masih merasa belum puas dikarenakan semua dimensi layanan mengahasilkan nilai negatif, nilai dimensi gap terbesar adalah dimensi tangible dengan nilai -6,05 kemudian disusul dimensi reliability dengan nilai Gap -5,64. Sedangkan hasil penyusunan matrix house of quality (HoQ) desain untuk perbaikan layanan perpustakaan dengan prioritas utama adalah melakukan training terhadap petugas perpustakaan dengan nilai bobot 81, kemudian yang kedua yaitu menyediakan fasilitas layanan yang memadai dengan nilai bobot 58.


Keywords


Perpustakaan, Universitas, Layanan, QFD.

Full Text:

PDF

References


Bora, M. A., & Sanusi, S. (2018). Desain Prouk Jasa Layanan Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) Di Rusun Fanindo. Jurnal Industri Kreatif (JIK), 2(2), 37-44.

Cohen. (1995), Quality Fuction Deployment: How to Make QFD Work for You, AddisonWesley Publishing Co., Massachusetts

Desiani, K., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2016). Analisis Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Yamaha Di Maha Surya Motor Singaraja Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 7(2).

De Yusa, V., & HS, A. M. A. (2019). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 17(3), 169-176.

Fandi, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Gaspersz, V. (2002). Manajemen kualitas dalam industri jasa.

Herman, (2021) “Rumusan Strategi Peningkatan Kualitas Layanan Perguruan Tinggi di Universitas Ibnu Sina” Tesis. Fakultas Teknik, Teknik Industri, Universitas Ibnu Sina, Batam.

Hidayat, N., Firman, F., & Thabrani, G. (2018). Anaisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Perpustakaan Universitas Negeri Padang (UNP) Dengan Mengintegrasikan Libqual Dan Kano Ke Dalam QFD. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(1), 28-39

Ibrahim, A. (2016). Analisis Implementasi Manajemen Kualitas dari Kinerja Operasional pada Industri Ekstraktif di Sulawesi utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(2).

Kotler, Philip, dan Amstrong, Gery. (2008), Principles of Marketing. Jilid 12 New Jersey. Prenytice Hall.

Kotler& Philip. (1997), Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Jakarta: Prentice Hall.

Kotler & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta:

Erlangga

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 Tentang Pendidikan Tinggi

Piri, N. I., Sutrisno, A., & Mende, J. (2017). Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Untuk Menangani Non Value Added Activity Pada Proses Perawatan Mesin. JURNAL ONLINE POROS TEKNIK MESIN UNSRAT, 6(1).

Wijaya T (2011). Manajemen Kualitas Jasa, Jakarta: Salemba Empat

Rambe, M. H. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Pepustakaan Kota Medan dengan Metode Quality Function Deployment (QFD).

Suparmo, P. (2012). Menggagas kualitas perpustakaan perguruan tinggi. Visi Pustaka, 14(3), 51-59.

Sari, N. (2018). Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan Perpustakaan Universitas Sumatera Utara dengan Metode Quality Function Deployment (QFD).

Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007. Tentang Perpustakaan.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v5i1.4090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics