PERANCANGAN PLTS 200 WP DENGAN SOLAR TRACKER

Ricky Alfiansyah Harahap, Endang Susanti

Abstract


Energi surya merupakan sumber daya terbarukan yang akan selalu tersedia. Ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi yang dapat diubah menjadi energi listrik menggunakan sel surya. Energi surya tidak digunakan secara maksimal karena aplikasi panel surya sebagian besar masih statis. Panel surya dapat melacak jalur matahari untuk meningkatkan energi matahari. Simulasi desain alat, pengumpulan data, dan spesifikasi akan digunakan untuk mengaktualisasikan teknik penelitian kualitatif, yang didasarkan pada tantangan sebelumnya. Untuk mengetahui hasil dari alat ini dilakukan pengujian dan pengambilan data kedua adalah Solar Cell dengan tracker, dimana Solar Cell tegak lurus dengan posisi cahaya matahari dan Solar Tracker selalu mengikuti pergerakan matahari dengan posisi pencahayaan matahari dan Solar Tracker selalu mengikuti pergerakan matahari dengan sinyal dari rangkaian sensor. Hasil yang diperoleh bahwa panel surya yang menggunakan solar tracker menghasilkan tegangan keluaran yang lebih besar dibandingkan panel surya statis, hal ini disebabkan sel surya dengan posisi statis tidak selalu tegak lurus terhadap matahari, sedangkan untuk menghasilkan tegangan yang optimal sel surya harus tegak lurus terhadap matahari, masalah ini yang di atasi dengan solar tracker agar sel surya selalu tegak lurus terhadap matahari.

Keywords


Solar cell, solar tracker

Full Text:

PDF

References


"pasangpanelsurya," 23 July 2021. [Online]. Available: https://pasangpanelsurya.com/pengertian-cara-kerja-plts-off-grid/. [Accessed 2022].

B. Rizky, PENGGUNAAN ARDUINO UNO SEBAGAI ALAT TRACKER MATAHARI, Medan, 2020.

T. A. a. K. A. I. Gunasan, "Prototipe Sistem Monitoring Tegangan Panel Surya (Solar Cell) Pada Lampu Penerang Jalan Berbasis Aplikasi," Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. Vol 2 no 2, pp. 76-79, 2019.

S. S. Pamor Gunoto, "PERANCANGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA 100 Wp UNTUK PENERANGAN LAMPU DI RUANG SELASAR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN," Sigma Teknika, vol. 3, p. 99, 2020.

Alhamadani, PERANCANGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA PADA GEDUNG LABORATORIUM FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA, Surabaya: 2021, 2021.

M. N. ,. E. P. B. Sidik Susilo, "PERANCANGAN SOLAR TRACKER SEBAGAI PENINGKATAN," MEKANIKA, vol. 10, p. 85, 2012.

"https://teknikelektronika.com/pengertian-relay-fungsi-relay/," [Online].




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v5i2.4641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics