DESAIN TEBAL PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) JALAN SAWAH INDAH – TANDE DAEK LINGGA - KABUPATEN LINGGA

Edi Indera

Abstract


Perencanaan tebal perkerasan lentur jalan raya di Jalan Sawah Indah _ Tande dengan lebar jalan 6 m, lebar bahu jalan kiri dan kanan masing-masing 1 m dan panjang jalan 593 m yang dimulai dari Sta 0.00 – 593.00. yang berlokasi di Daek Lingga Kabupaten Lingga Propinsi kepulauan Riau. Data yang digunakan yaitu berupa data sekunder, diantaranya, formulir himpunan data lalu-lintas, data CBR, data curah hujan dan gambar-gambar teknis perencanaan. Perhitungan tebal perkerasan dengan menggunakan Metode Bina Marga Alternatif I dianggap lebih efisien dan ekonomis, dimana diperoleh tebal lapisan permukaaan (Laston) = 5 cm, lapisan pondasi atas = 20 cm, dan lapisan pondasi bawah = 12 cm. Dalam hal ini dapat diketahui bahwa kekuatan dan mutu perkerasan dengan tebal perkerasan yang direncanakan mempunyai daya tahan yang lebih baik untuk direncanakan di Jalan Sawah Indah – Tande di Daek Lingga Kabupaten Lingga.

 


Keywords


Perkerasan, , Bina Marga

Full Text:

PDF

References


Dirjen Bina Marga Dep. PU, 1983, Pedoman Penentuan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya, Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan pendidikan politeknik, Edisi 1983, Konstruksi Jalan Raya I, PEDC Bandung.

Dirjen Bina Marga Dep. PU, 1987, Prtunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

H.L, Shirley Ir. Msc, 2000, Prosedur Perencanaan Untuk Jalan Baru atau Peningkatan, Terjemahan Dari AASHTO Guide For Design Of Pavement Structures 1986, Jurusan teknik Sipil Politeknik Bandung, Bandung.

H. L, Shirley Ir. Msc, 2000, Perencanaan Teknik Jalan Raya, Jurusan Teknik Sipil politeknik Negeri Bandung

Hendra Suryadharma, Benidikdus Susanto,

Rekayasa Jalan Raya, Yogyakarta, 2000

Kusumawati, Anie, Sonny S, Wibowo, Russ Bona Frazila, 2000, Pengantar Rekayasa Jalan, Sub Jurusan Rekayasa Transportasi Jurusan Teknik Sipil ITB, Bandung.

Perawitami, 2006, Analisis Tebal Perkerasan Terhadap Muatan Berlebih Pada Ruas Jalan Duri – Dumai, Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Jurusan Teknik Sipil, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.

Soedarsono, Djoko, Untung, Ir, 1987, Konstruksi Jalan Raya, Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Cetakan Ke Empat, Jakarta

Sukirman, Silvia, 1992, Dasar – Dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Nova, Bandung.

Sukirman, Silvia, 1999, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Nova, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v5i2.4670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics