ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN PENGENDALIAN INTERN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAIN (Studi Kasus CV. Celine Productin)

rizki eka putra

Abstract


ABSTRAK

 

Sistem akuntansi adalah alat yang digunakan untuk mengatur atau mengumpulkan, mengumpulkan, dan melakukan informasi mengenai semua transaksi perusahaan, di mana karyawan, kegiatan perusahaan, bahan dan mesin dapat diintegrasikan sedemikian rupa sehingga pengawasan dapat dilakukan. Sedangkan pengendalian internal adalah sistem yang digunakan untuk melindungi aset perusahaan, serta untuk menjalankan struktur organisasi dan menghasilkan informasi untuk mencapai tujuan.

Penelitian ini menggunakan metode komparatif yaitu penelitian komparatif. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan persamaan dan perbedaan antara dua fakta atau lebih dan sifat-sifat objek yang diperiksa berdasarkan kerangka berpikir tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara dokumentasi, wawancara dan studi literatur.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah, sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku dalam fungsi terkait dan dokumen yang digunakan belum dilengkapi dengan teori yang ada. Padahal sistem pengendalian internal pasokan bahan baku kain, struktur organisasi, praktik sehat, dan sumber daya manusia tidak sesuai dengan teori yang ada.

 

Kata kunci: Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Internal Persediaan

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v5i2.1612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.