ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PRABAYAR TELKOMSEL (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Unrika Batam)

lukmanul hakim, Maris Dilla ayu

Abstract


 

ABSTRAK


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap citra merek, promosi dan harga sebagai variabel bebas terhadap keputusan pembelian dan pengaruh simultan terhadap keputusan pembelian kartu prabayar Telkomsel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan populasi 300 orang yang pasti pengguna Telkomsel, sedangkan jumlah sampel sebanyak 75 responden ditentukan berdasarkan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, dimana sebelumnya diuji validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Untuk hasil pengujian menggunakan program SPSS versi 16. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan. Pertama, variabel Citra Merek menunjukkan nilai thitung = 3,208 dengan signifikansi 0,002. Dengan menggunakan signifikansi 0,05 batas nilai signifikansi kurang dari 0,05 dengan arah koefisien positif, sehingga diperoleh bahwa Citra Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kedua hasil pengujian diperoleh nilai thitung untuk variabel Promosi = -2.671 dengan signifikansi 0,009. Menggunakan batas signifikansi 0,05, nilai signifikansi kurang dari 0,05. Dengan arah koefisien positif, maka diperoleh bahwa Promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Ketiga, hasil pengujian diperoleh nilai thitung untuk variabel Harga = 3,405 dengan signifikansi 0,001. Dengan menggunakan batas signifikansi 0,05 nilai signifikansi kurang dari 0,05. Dengan arah koefisien positif, maka diperoleh bahwa Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Diketahui bahwa dari semua variabel independen, yang memberikan pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian kartu prabayar Telkomsel, dapat dilihat dari semua nilai signifikansi di bawah 0,05. Sementara secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara citra merek, promosi dan harga terhadap keputusan kartu prabayar Telkomsel dengan nilai Fcount 10.765 dengan tingkat signifikansi 0,000 <0,05.

 

Kata kunci: Citra Merek, Promosi, Harga, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v5i2.1650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.