KUALITAS SISTEM INFORMASI PAJAK KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS WEBSITE DITINJAU DALAM PERSEPSI WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA BATAM

Firdaus Hamta, rony Kurniawansyah

Abstract


ABSTRAK

            Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemerintah Provinsi di Indonesia. Pentingnya fungsi PKB bagi pemerintah daerah karena digunakan untuk pembiayaan pembangunan dan pemerintahan daerah, maka meningkatkan kualitas pelayanan PKB sangat penting untuk mendorong kepuasan masyarakat maupun untuk meningkatkan penerimaan daerah dari Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (WP-KB).

Batam merupakan salah kota di Provinsi Kepulauan Riau yang umumnya masyarakatnya adalah pekerja dan mobilitas/aktivitas yang sibuk/tinggi. Hal ini sangat rentan untuk memiliki waktu mendapatkan informasi PKB baik yang akan jatuh tempo maupun telah jatuh tempo, sehingga eksistensi sistem informasi PKB berbasis website sangat penting bagi WP-KB. Fenomena yang terjadi bagi WP-KB bahwa terdapat informasi PKB di website yang tidak sesuai dengan jumlah yang harus di bayarkan.

Penelitian ini secara kualitatif deskriptif dan WP-KB di Batam sebagai informan penelitian, jumlah informan ditentukan ketika informasi (data) yang terhimpun sampai pada data jenuh. Hasil penelitian bahwa kualitas sistem informasi PKB berbasis website relatif baik, namun perlu lebih ditingkatkan. Kesempurnaan informasi PKB bahwa informan mengharapkan adanya informasi dari website tentang dasar dan manfaat dari sumbangan wajib oleh Jasa Raharja. Ketepatan waktu sudah baik dan kesesuaian informasi di website sudah baik dan positif. Kemudahan akses sistem informasi PKB berbasis website bagi informan sangat baik.

 

Kata Kunci: Kulitas Sistem Informasi Pajak Kendaraan Bermotor


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v5i2.1654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.