PENGARUH KETERLIBATAN KARYAWAN, LINGKUNGAN KERJA DAN BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. JOLIN PERMATA BUANA KOTA BATAM

Moch Aminudin Hadi, Cyntia Mahadika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh keterlibatan karyawan, lingkungan kerja dan budaya perusahaan terhadap kinerja karyawan PT. Jolin Permata Buana Kota Batam. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja pada PT. Jolin Permata Buana sebanyak 58 orang.

 Metode pengumpulan data dalam melakukan penelitian ini dengan menyebarkan kuisioner kepada sampel penelitian sebanyak 58 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial keterlibatan karyawan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan dilihat dari nilai koefisien regresi bernilai -0,087 dan nilai signifikan 0,294 > 0,05. Lingkungan kerja menunjukkan berpengaruh positif dan signfikan terhadap kinerja karyawan dilihat dari nilai koefisien regresi bernilai 0,564 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Budaya perusahaan menunjukkan berpengaruh positif  dan signifikan terhadap kinerja karyawan dilihat dari nilai koefisien regresi bernilai 0,491 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.  Secara uji F (simultan), keterlibatan karyawan, lingkungan kerja dan budaya perusahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dilihat dari nilai signifikan uji F 0,000 < 0,05.


Full Text:

PDF

References


Dewi, Pristiono. (2016). Pengaruh Keterlibatan Kerja, Lingkungan Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Tolan Tiga. Indonesia Perlabian Labuhanbatu Selatan. Diakses pada tanggal 25 November.

Logahan, Aesaria. (2014). Budaya Organisasi Dan Keterlibatan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Berdampak Pada Kinerja Kayawan Pada BTN-Ciputat. (BINUS University. Jakarta Barta 11480). Diakses pada tanggal 25 November 2018.

Maslikhah. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Keterlibatan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pt Pegadaian (Persero) Cabang Pegadaian Syariah Blauran Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah Surabaya. Diakses pada 25 November 2018.

Nurul, Atmanu. (2011). Pengaruh Keterlibatan Karyawan, Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Komitmen Organisasional Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Pada Universitas Brawijaya). Diakses pada tanggal 25 November 2018.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Cetakan ke-4. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Agung Edy. (2012). Aplikasi Praktis SPSS Dalam Penelitian, -Cet 1 Yogyakarta : Gava Media.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v6i2.2252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.