Pengaruh Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Laba Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Pembantu Aviari Batam

Jayana Salesti

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui prosedur dan pengaruh pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Pembantu Aviari Batam. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, kualitatif, dengan populasi penelitian adalah data realisasi pemberian kredit dan data perolehan laba operasional PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sampel yang digunakan dalam pemilihan data menggunakan Nonpropability Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah data pemberian KUR dan perolehan laba operasional selama 4 tahun yaitu dari tahun 2009-2012 pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Pembantu Aviari Batam.

Hasil analisa statistik menunjukkan bahwa pemberian KUR berpengaruh terhadap perolehan laba operasional dan memiliki hubungan yang searah dan positif, hal ini dapat terlihat dari setiap tahunnya bahwa jika pemberian KUR mengalami penurunan maka perolehan laba operasional pun mengalami penurunan, dan jika pemberian KUR mengalami kenaikan maka perolehan laba operasional pun mengalami kenaikan.. Selanjutnya dari analisis regresi berganda diperoleh nilai R sebesar 122.  Hasil  ini menunjukan bahwa variabel independen yaitu pemberian KUR (X)  mempunyai keeratan  hubungan  dengan  variabel  Perolehan laba  (Y) sebesar 122.


Full Text:

PDF

References


Harahap, S.S. (2009). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Husnan, Suad., Enny Pudjiastuti, 2004. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Keempat, Yogyakarta, UPP AMP YKPN.

Indriantoro, Nur., Bambang Supomo, 2009. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Kasmir. 2012. Bank dan Lembaga Kuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Melisa Yusfelina. 2010. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Perusahaan Food And Beverages Yang Go Public. Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Munawir S, 2008. Analisis Informasi Keuangan. Yogyakarta: Penerbit Liberti.

Sigit Triandaru dan Totok Budisantoso (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta : Salemba Empat

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-undang Republik Indonesia No.10 tahun 1998.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v7i1.2914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.