PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, NILAI NASABAH, KEPERCAYAAN NASABAH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT BANK BUKOPIN CABANG BATAM

Tibrani Tibrani, Dini Anggraini, Fannisa Carlyna Tamrin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management, Nilai Nasabah, Kepercayaan Nasabah, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Bukopin Cabang Batam. Populasi pada penelitian ini merupakan nasabah Bank Bukopin yg berjumlah 26.687 nasabah. Sampel yg dipengaruhi menggunakan secara acak sampling berjumlah 100 responden. Hasil pengujian menerangkan bahwa customer relationship management, nilai nasabah, & kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah secara parsial. Pengujian ini pula menerangkan bahwa customer relationship management, nilai nasabah, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif & signifikan terhadap loyalitas nasabah secara simultan. Pengujian ini pula menerangkan bahwa nilai nasabah berpengaruh positif &signifikan terhadap loyalitas nasabah secara parsial & secara simultan. Variabel loyalitas nasabah bisa dijelaskan sang variabel customer relationship management, nilai nasabah,& kualitas pelayanan sebanyak 41.6% sisanya sebanyak 58,4% dijelaskan sang variabel-variabel lain yg nir dimasukkan pada contoh penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Agistia, Meta dan Nucaya. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan dan Nilai Pelanggan

Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 1, 2019.

Anneke, Wangker. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Pelanggan, Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada PT.William Makmur Perkasa Manado). Jurnal.Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol.1, No.3.

Anggraini,Riantika. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (Unit Mlarak Cabang Ponorogo). Jurnal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Vol 2, No 2: Semester Genap 2013/2014.

Afif Gifano. 2012. Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Program Garuda Frequent Flyer Pada Masakapai Penerbangan Garuda Indonesia Di Jakarta). Skripsi. Universitas Indonesia.

Bukopin.Riwayat Singkat Bank Bukopin. https://www.bukopin.co.id/ [Januari 18, 2021]

Budiyanto, Arief. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelabuhan Cigading – PT Krakatau Bandar Samudera). Jurnal. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), Vol. 3 (2) November 2019.

Eliba, Fitrah dan Zulkarnain. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Di Kota Pekanbaru. Jurnal. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis Vol. IX No. 3, September 2017.

Lapasiang, Denis. 2017. Pengaruh Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt. Pegadaian (Persero) Cabang Karombasan Manado. Jurnal. Jurnal EMBA Vol.5 No.3 September 2017.

Paewangi, Halipah. 2018. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Dan Komitmen Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Pada Bank Sultra”. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 4, Nomor 1, Maret 2018.

Rompas, Livingstone. 2020. Customer Relationship Management dan Customer Value Pengaruhnya terhadap Kepuasan Nasabah serta Implikasinya terhadap Loyalitas Nasabah pada Nasabah Kredit Komersil PT Bank Sulutgo Kantor Cabang Utama Manado. Jurnal. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi Vol.7 No.3 September 2020.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Edisi Pertama. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Setyaleksana, Yosua. 2017. Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Grapari Telkomsel Di Kota Malang).Jurnal. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 46 No.1 Mei 2017.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi 26. Bandung: Alfabeta.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Ulfa, Nurul. 2018. Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan TV Kabel di Kecamatan Tembalang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. MNC Sky Vision-Indovision Semarang). Jurnal. Jurnal Administrasi Bisnis Vol.7.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v8i1.3495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.