ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN PERUSAHAAN

Muhammad Sapuan

Abstract


Salah satu informasi yang dibutuhkan perusahaan adalah sistem informasi akuntansi penjualan dalam hal prosedur administrasi pencatatan dan prosedur teknis penjualan. Sistem informasi akuntansi penjualan akan membantu pihak manajemen untuk mendapatkan informasi keuangan perusahaan, selain itu sistem informasi akuntansi penjualan akan dapat meningkatkan pengendalian intern perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Centrindo Batam. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Yang dimaksud dengan metode analisis deskriptif adalah suatu metode analisis dengan terlebih dahulu mengumpulkan data yang ada kemudian diklasifikasikan, dianalisis kemudian diinterpretasikan sehingga memberikan gambaran yang jelas tentang keadaan yang diteliti. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi penjualan sesuai dengan unsur – unsur sistem informasi akuntansi dalam meningkatkan pengendalian intern perusahaan.


Full Text:

PDF

References


Agoes, Sukrisno. 2014. “Auditing (Pemeriksaan Akuntansi) oleh Kantor Akuntan Publik”. Edisi ke-3. Penerbit Fakultas Universitas Trisakti

Azhar, Susanto. 2018. “Sistem Informasi Akuntansi”. Bandung: Lingga Jaya.

Anita Herdianti Rachman. 2011. “penerapan system akuntansi penjualan kredit Pada PT Karya Lancar Mandiri Dinamika Kendiri”. Universitas Huoleo.

Dinna Febriana. 2014. “Analisis sistem informasi akuntansi akuntansi terhadap Pengendalian intern penjualan pada PT Alfa Omega Batam”. Universitas Batam.

Diana, Anastasia & Lilis setiawati. 2011 “Sistem Informasi Akuntansi: Perancangan, proses, dan penerapan”. Yogyakarta : Andi publisher.

Kabuhung, Merystika, 2013. “Sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas untuk perencanaan dan pengendalian keuangan pada organisasi nirlaba keagamaan”. Jurnal EMBA 341 Vol.1 (3) 339-348.

Krismiaji. 2010. “Sistem Informasi Akuntansi”. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

La Midjan. 2016. “Sistem Informasi Akuntansi”. Jakarta: Salemba Empat.

Lethulur, Maritce Amelia, 2013. “Evaluasi Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Barang Jaminan Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Tuminting”. Jurnal EMBA, Vol.1 (3).

Mulyadi. 2018. “Sistem Akuntansi”. Cetakan ke-4. Jakarta : Silemba Empat.

Narida Via Nurjanah. 2013. “Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Perusahaan Pada ACB Banjarmasin”. Universitas Galuh Ciamis.

Sugiyono. 2012. “metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D”. Penerbit Alfabeta Bandung.

Sujdana. 2015. “Metode Statistika”. Bandung: Tarsito.

Wing Wahyu Winarti. 2016. “Sistem Informasi Akuntansi”. Edisi ke-2. Penerbit UPP STIM YKPN. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v7i1.3953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.