PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP DEVIDEN PAYOUT RATIO

Muhammad Sapuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap dividend payout ratio pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2012. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah lima perusahaan farmasi dengan menggunakan teknik sampling atau purposive sampling sesuai dengan kriteria peneliti. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Analisis rasio keuangan yang digunakan adalah rasio profitabilitas dengan menggunakan indikator return of investment dan likuiditas dengan menggunakan indikator current ratio yaitu dividend payout ratio. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan uji asumsi klasik, uji-t dan uji-f. Hasil uji-f secara simultan menunjukkan bahwa profitabilitas dan likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dividend payout ratio. Sedangkan secara parsial dengan uji t menunjukkan bahwa profitabilitas dan likuiditas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap dividend payout ratio. Hasil penelitian ini juga menunjukkan nilai adjusted R Square hanya 0,301 yang berarti bahwa dividend payout ratio dijelaskan oleh profitabilitas dan likuiditas sebesar 30,1% saja. Sedangkan sisanya 69,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan farmasi dalam memprediksikan dividend payout ratio yang akan dibagikan kepada pemegang saham di mata investor sehingga perusahaan farmasi dapat menjaga nilai, kinerja dan laporan keuangan dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Alqho’fari. 2010. Analisis Regresi, Teori, Kasus dan Solusi. Yogyakarta: BPFE

Bagus Laksono. 2006. Analisis pengaruh Return On Asset, Sales Growth, Asset Growth, Cash Flow dan Likuiditas Terhadap Dividend Payout Ratio. Program Pasca Sarjana. UNDIP. Semarang.

Consultant, Duwi. 2011. Analisis Regresi LinierBerganda.http://duwiconsultant.blogspot.com. Diakses 31 Juli 2013

FI. Wanto, 2014. Kebijakan deviden. Universitas Sumatra Utara. Medan

Hanafi M. Mamdu, 2004. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE

Harapan, Sofyan Syafri. 1998. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

http://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaanfarmasi Press.

Hakim, Farih Rahman, 2007. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Rasio Pembayaran Deviden Pada Perusahaan Manufaktur yang membagikan Deviden dan Terdaftar di BEJ Tahun 2003-2005. Skripsi. Tidak Dipublikasikan, FE-UNDIP Semarang.

Handayani, Dyah, 2010. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Deviden Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2007. Skripsi.Tidak Dipublikasikan, FE-UNDIP Semarang.

Jakfar, dan Kasmir, 2009. Study Kelayakan Bisnis. Edisi 2. Cetakan Keenam. Jakarta:

Kencana.

Kasmir, 2012. Analisis Laporan Keuangan (cetakan ke 5) Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Nugroho Joko W, (2012) Pengaruh Kebijakan Investasi, Likuiditas, Dan Profitabilitas Perusahaan, Terhadap Kebijakan Deviden (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2007 - 2009). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang

Puspita, Fira, 2009. Analisa Faktor-Faktor yang mempengaruhi kebijakan Deviden Payout Ratio (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2005-2007) Tesis. Universitas Diponegoro.

Rahmadany, Nugroho Imam. 2007. Perngaruh Likuiditas dan Leverage terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Go Public Di BEJ. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, Malang.

Ritonga, Rahman. 1997. Statistika untuk Penelitian Psikologi dan Penelitian. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Pusat Bahasa Depdiknas.

Suharli, Michell. 2006. Studi Empiris Mengenai Pengaruh Profitabilitas Leverage dan Harga Saham terhadap Jumlah Deviden Tunai (Studi pada Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2002-2003) Jurnal MAKSI, Vol. 6 No. 2:243-256.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v7i2.3954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.