PENGARUH PERILAKU BIROKRASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh birokrasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada kantor kecamatan Bengkong kota Batam. Ruang lingkup variabel dalam penelitian ini meliputi birokrasi dan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang berasal dari sumber primer yang telah dikumpulkan dari kuesioner. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berada di kantor kecamatan Bengkong. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah metode accidental dimana secara kebetulan orang-orang yang berada di kantor kecamatan menjadi sampel dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah pengujian instrumen yang dilakukan dengan uji validitas dan reliabiltas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel birokrasi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Ilfaria. 2012. “Pengaruh Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Bleesing Briliance Tylindo”. Skripsi S1, Fakultas Ekonomi Jurusan Ekonomi Manajemen Universitas Batam. Tidak dipublikasikan.
Pasalong, H. (2012). ”Perilaku Birokrasi dalam Pelayanan Publik". Harbani Pasalong. http://harbani-pasolong.blogspot.com/2012/02/perilaku-birokrasi-dalam-pelayanan.html. Diakses 13 Mei 2012.
Lilo, C., dan Ratnasari, S. L. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Supreme Nusapermai Development. Jurnal Zona Manajerial. Vol.7. No.2., Agustus 2015.
Nurdin, Ihsan., SL Ratnasari, HW Nasrul. (2020). Pengaruh Komitmen Organisasional, Motivasi, Kemampuan Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Austin Engineering Indonesia. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF 1 (1), 524-533.
Ratnasari, S. L. (2012). Budaya Organisasi. Surabaya: UPN Press.
Ratnasari, S. L. (2013). Pengaruh Faktor-Faktor Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Departemen Produksi PT. X Batam. Buletin Studi Ekonomi, 18 (1).
Ratnasari, S. L. (2014). Pelatihan Dan Motivasi Sebagai Prediktor Kinerja Karyawan Departemen Produksi PT. Y Batam. Mix, 4.
Ratnasari, S. L. (2019). Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Ratnasari, S. L., dan Hartati, Yenni. (2019). Manajemen Kinerja Dalam Organisasi. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Ratnasari, S. L., dan Purba W. C. (2019). Pengaruh Konflik Kerja, Stress Kerja, Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Mutiara Hutama Sukses. Jurnal Bening. Vol.6. No.1., Tahun 2019.
Ratnasari, S. L., Sutjahjo, G., and Yana, D. (2019). The performance of Sharia Banks Employees X Branch Batam Through Work Motivation. Etikonomi. Vol.18., No.1, April 2019.
Ratnasari, S. L., Sutjahjo, G., and Adam. (2019). The Contribution Of Competence, Motivation, And Creativity Towards Teacher’s Performance Through Work Satisfaction. International Journal Of Engineering and Advanced Technology (IJEAT). Volume-8 Issue-5C, May 2019. 145-149. ISSN: 2249-8958. DOI:10.35940/ijeat.E1021.0585C19
Rivai,Z, Veitzhal, dkk. 2014. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setyawati, N. W., Aryani, N. A., & Ningrum, E. P. (2018). Stres Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis(JRMB)Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(3), 405–412. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i3.
Sukmawati, E., SL Ratnasari, Z Zulkifli. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi, Pelatihan, Etos Kerja, Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan. JURNAL DIMENSI. 9 (3), 461-479.
Walsa, E., & Ratnasari, S. L. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Citra Pembina Pengangkutan Industries Batam. Jurnal Eksekutif, 13 (1).
Wicaksono, B. D., & Ratnasari, S. L. (2017). Determinasi Komunikasi, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Perusahaan Umum (PERUM) Bulog Sub-Divre Kota Batam. Jurnal Bening, 4 (1).
Rohmad, Z., & Suwarno. (2012). Pengaruh Kinerja Pegawai dan Mutu Pelayanan Pegawai dalam memperoleh Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga di Kecamatan Baki. journal.uniba.ac.id/index.php/mbs/article/download/221/35. Diakses 14 April 2015.
Sukma, A. P. (2012). "Proposal Penelitian": Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Krembung. Ardisukma. http://ardisukma.blogspot.com/2012/12/proposal-penelitian-pengaruh-kualitas.html. Diakses 10 Juni 2015.
Thoha, M. (2014). Birokrasi dan Politik di Indonesia. Cetakan X, Juni. Jakarta: Rajawali Pers.
Zainudin dan Ratnasari, S. L. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Kecamatan Batu Ampar Kota Batam. Jurnal Zona Manajemen. Vol.7. No.3., Desember 2015. Hal. 14-21.
DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v7i1.3957
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.