PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2021

Matheous Tamonsang, Ismangil Ismangil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh intellectual capital dan leverage terhadap profitabilitas. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Profitabilitas dan variabel independen dalam penelitian ini adalah Intellectual Capital dan Leverage. Sampel dalam penelitian ini adalah Perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2019 – 2021. Jumlah perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 12 perusahaan dengan masa pengamatan 3 tahun sehingga total dalam penelitian ini berjumlah 36. Pengujian Hipotesis dengan penelitian ini menggunakan teknik analisis regrensi berganda menggunakan Software SPSS versi 17. Berdasarkan hasil (R2) diketahui bahwa besarnya R2 sebesar 0,671. Hal ini menunjukan bahwa besarnya variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 67,1% , sedangkan sisanya sebesar 32.9% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.

Kata Kunci: Intellectual Capital, Leverage, dan Profitabilitas.


Full Text:

PDF

References


Bontis N, K. W., & Richardson, S. (2000). Intellectual Capital and Business proformance in malaysia industy journal of Intellectual Capital.

Murti, A. C. (2010). Analis pengaruh modal intellectual terhadap kinerja perusahaan. Yogyakarta.

Sartono, A. (2010). Manjemen keuangan teori dan aplikasi . Yogyakarta: BPFE.

Stewart, T. A. (1997) Intellectual Capital: The New Wealth of Organization. (on-line) http:www.fastcompany.com.

Ulum. (2009). Intellectual Capital konsep dan kajian emperis. Yogyakarta: PT Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v9i1.4239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.