PENGARUH E-WOM DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA WARKOP MAKEMBO

Muhamad Ridwan, Intisari Haryanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan signifikan antara E-WOM di Instagram terhadap keputusan pembelian pada Warkop Makembo. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dalam penelitian ini yaitu  dengan menggunakan kuesioner skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian pada Warkop Makempo di Kota Bima yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 50 orang responden .Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dengan kriteria: 1) pengguna Instagram yang ada di Kota Bima dan sudah pernah melakukan pembelian pada Warkop Makembo, 2) konsumen yang sudah berumur 17 tahun ke atas karena dianggap sudah mampu menjawab pertanyaan pada kuesioner. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisa data  menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi sederhana, uji determinasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara E-WOM di Instagram terhadap keputusan pembelian pada Warkop Makembo.

Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian, Instagram.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Fitriani, I. 2019. “Pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Shopee (Studi Pada Mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang).” Jurnal Stie Dewantara 3(2): 10–38.

Habibie, R. S., and Hadi, M. 2019. “Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Shopee.” J A B Jurnal Aplikasi Bisnis 5 (2): 569–73.

Herawati, N., and Ranteallo, A.T. 2019. “Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada Pt. Rpj.” Jurnal AKRAB JUARA 4(2): 27–41.

Kotler, and Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. 11th ed. Jakarta: Erlangga.

Maulana, N, I. J Saftari, and R.L Batu. 2021. “Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dimediasi oleh Brand Trust Pada Bukalapak.” JIMEA|Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi,dan Akuntansi) 5(3): 2327–41.

Nafisah, F. R., and Murniningsi, R. 2021. “Pengaruh E-Wom dan Brand Image Terhadap Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Konsumen Shopee di Kota Magelang)". Jurnal Ekonomi 2(1): 301–9.

Noviandi, A. 2021. “Pengaruh E-Wom (Electronic Word of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Food & Beverage Secara Online Pada Marketplace Tokopedia.” Business and Entrepreneurship Journal (BEJ) 2(1): 25–29.

Nyoko, A. E.L., and Semuel, A.D.D. 2021. “Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) di Media Sosial Facebook Terhadap Keputusan Pembelian.” Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs) 14(1): 63–76.

Prastuti, D. I., and Karyanti, Y. 2020. “Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta Api Daring.” Faktor Exacta 13(3): 176–84.

Rahmadhani, R., and Prihatini, A.E . 2019. “Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Perceived Risk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Tokopedia Pendahuluan Perkembangan Teknologi Dan Informasi Tujuan Penelitian Ini Yaitu : ( 1 ) Untuk.” Jurnal Administrasi Bisnis 8(1): 23–30.

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Novita, S., Saputra, M. and Husein, J. 2017. “Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online.” Jurnal Manajemen Magister 3(1): 96–106.

Sindunata, I., and Wahyudi, B. A. 2018. “Pengaruh E-Wom (Electronic-Word-of-Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian di Agoda.Com.” Journal Management 3(1): 128–38.

Sugiyono. 2016. Bandung: Alfabeta Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Taharu, R. V., Barusman, A.R.P., and Saptarini, V. 2019. “Pengaruh E-Wom dan Review Produk Pada Market Place Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Jadi di Bandar Lampun.” Jurnal Visionist 8(1): 40–47.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v9i1.4257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.